Evaluasi Kegiatan Program KKNbD Undiksha Tahun 2021 yaitu Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Solusi Perbaikan Perekonomian Masyarakat yang Terdampak Covid-19 di Kelurahan Kerobokan Kelod

Kegiatan KKNbD: Kamis, 29 Juli s/d Jumat, 30 Juli 2020 telah dilaksanakan kegiatan tahap akhir yaitu evaluasi kegiatan program  Memanfaatkan Media Sosial sebagai Solusi Perbaikan Perekonomian Masyarakat yang Terdampak Covid-19 di Kelurahan Kerobokan Kelod. Kegiatan dilakukan secara online melalui aplikasi group whatsapp yang di mulai dari pukul 11.30 Wita. Kegiatan evaluasi kni dilakukan secara bertahap setelah masyarakat sasaran menyelesaikan pelatihan dan mulai menjalankan bisnis dengan menggunakan media social. Kegiatan evaluasi dimulai dari menanyakan perkembangan bisnis masyarakat setelah memposting produknya ke akun media social dan terakhir dengan memberikan angket evaluasi berupa google formulir mengenai kegiatan program KKNbD Undiksha Tahun 2021.

Kegiatan pada tanggal 29 Juli 2021 dimulainya kegiatan dengan mengingatkan kembali kepada masyarakat sasaran untuk selalu update postingan produk sesuai dengan materi pelatihan yang telah dijelaskan dan sekaligus menanyakan terkait dengan  perkembangan bisnis tersebut dan memberikan motivasi kepada masyarakat sasaran dalam menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan media sosial. Selama kegiatan ada salah satu masyarakat sasaran yang sudah mendapatkan pembeli dan menanyakan terkait dengan cara menentukan biaya pengiriman produk. Kegiatan ini bertujuan agar mengetahui sejauh mana masyarakat berhasil dalam memulai bisnis online tersebut.

Kegiatan pada tanggal 30 Juli 2021 berlangsung sampai pukul 16.00 dimana ini merupakan kegiatan terakhir bersama masyarakat sasaran yaitu memberikan angket evaluasi kegiatan dengan membagikan link berupa google formulir yang telah berisikan beberapa pertanyaan terkait dengan program yang telah di laksanakan. Sebelum memberikan angket evaluasi masyarakat sasaran mengirimkan hasil dokumentasi selama 3 hari menjalankan bisnis yaitu mendapatkan penghasilan dari hasil promosi atau menjual produk dengan menggunakan media sosial. 

Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan link untuk mengakses evaluasi yang telah dibuat. Masyarakat sasaran dapat mengisi angket tersebut sesuai dengan hasil yang telah dirasakan selama dan setelah mengikuti kegiatan dan angket evaluasi ini harus diisi oleh masyarakat sasaran dengan sejujur-jujurnya. Tujuan dari memberikan angket evaluasi ini yaitu untuk mengetahui penilaian masyarakat sasaran terhadap kegiatan yang telah dijalankan dan menjadi media untuk mengukur tingkat pemahaman dan keterampilan masyarakat sebagai peserta pelatihan sekaligus melihat kegiatan yang dilakukan berhasil atau tidak untuk membantu perekonomian masyarakat sasaran. 

Adapun kesimpulan hasil evaluasi yang telah diisi oleh masyarakat sasaran bahwa kegiatan KKNbD yang dilaksanakan ini bermanfaat bagi mereka, kegiatan KKNbD sudah sesuai dengan permasalahan yang mereka rasakan sekaligus kegiatan ini dapat membantu mereka untuk menghadapi permasalahan yang dirasakan akibat pandemi Covid-19, untuk materi serta pelatihanyang disampaikan sudah jelas dan mereka menerapkan pelatihan dengan sangat baik.  Dengan demikian dapat diketahui bahwa program KKNbD Memanfaatan media social sebagai solusi perbaikan perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kelurahan Kerobokan Kelod membawa dampak positif bagi masyarakat sasaran untuk memperbaiki perekonomian. Setelah masyarakat sasaran mengisi angket evaluasi  mereka mengirimkan hasil tangkap layar ke Group Whatsapp sebagai bukti mereka telah mengisi angket evaluasi.

Kegiatan terakhir ditutup dengan  perpisahan bersama masyarakat sasaran dan sekaligus mengucapkan terimakasih karena telah bersedia menjadi masyarakat sasan dan berpartisipasi aktif hingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Tidak lupa juga meminta maaf kepada masyarakat sasaran jika selama sebulan berkegiatan ada kata maupun perbuatan yang tidak menyenangkan. Harapan dari kegiatan KKNbD yang telah di laksanakan ini yaitu dapat bermanfaat bagi mereka dalam mengatasi permasalahan ekonomi akibat Pandemi Covid-19. Sekian Kegiatan KKNbD pada hari ini, sekaligus menutup kegiatan KKNbD Undiksha Tahun 2021 selama sebulan dan pelaksaannya berjalan lancar sesuai dengan tujuan dan harapan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sasaran, Terimakasih.


Berikut merupakan link akses dokumentasi masyarakat sasaran setelah memposting produk: https://drive.google.com/drive/folders/10_Ljc97rzt_nYBML1_PtKE0nGDjZZPWp


Berikut merupakan link akses google formulir untuk angket evaluasi kegiatan KKNbD Undiksha Tahun 2021: https://forms.gle/jEfGyT2EgRK5qNcz8


Hasil angket evaluasi yang telah diisi oleh masyarakat sasaran dapat diakses melalui link: https://drive.google.com/file/d/1xK7zCUkA106NFMunUqJHPCYoVabqddws/view?usp=drivesdk






Tentang Penulis