Evaluasi Kegiatan Terapi Warna dengan Membagikan Kuisioner Melalui Google Form

    Pada minggu ke-4 pelaksanaan KKNbD kegiatan diisi dengan pengumpulan foto-foto hasil terapi warna dan evaluasi kegiatan. Pada tanggal 30 Juli 2021 dilaksanakan kegiatan evaluasi program terapi warna yang dilakukan dengan cara membagikan kuisioner “Evaluasi Kegiatan Terapi Warna” kepada masyarakat sasaran melalui Google Form. Link kuisioner evaluasi: https://forms.gle/2JisksM2STfRJmQF9

    Kuisioner evaluasi kegiatan terapi warna ini mirip seperti kuisioner awal yang sudah dibagikan sebelumnya. Kuisioner ini terdiri atas 2 bagian. Bagian pertama merupakan halaman identitas yang meliputi nama lengkap dan nama panggilan. Bagian kedua berisi 10 butir pertanyaan yang saya susun sendiri dengan bahasa yang sekiranya akan mudah untuk dipahami oleh masyarakat sasaran yang merupakan siswa SD. Bentuk pertanyaan pada kuisioner evaluasi ini terdiri atas pertanyaan pilihan dan pertanyaan skala bertingkat yang terdapat pilihan-pilihan jawaban dengan skor dan keterangan tertentu. Hal ini memungkinkan untuk responden (masyarakat sasaran) memilih jawaban sesuai dengan keadaan yang mereka rasakan setelah mengikuti kegiatan terapi warna. 

    Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan menyerupai dengan pertanyaan yang diberikan di awal kegiatan (pada kuisioner awal), hanya saja pada kuisioner evaluasi akhir ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan kegiatan terapi warna apakah berhasil/tidak dalam mengurangi rasa jenuh, meningkatkan fokus/konsentrasi, dan meningkatkan suasana hati masyarakat sasaran.

Tentang Penulis
Ni Putu Ayu Gayatri Dharmayani