Evaluasi Materi Bahasa Inggris dan Pengisian Kuesioner Pelaksanaan Kegiatan Oleh Masyarakat Sasaran
- Oleh Kholifatur Riza Azzahra
- Wednesday 04/08/2021
- Kelompok 143, Kelompok, Kelompok
1. Evaluasi Materi
Evaluasi materi pembelajaran
dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2021 hingga 1 Agustus 2021, saya memilih
tenggang waktu tersebut karena masyarakat sasaran merupakan siswa kelas X SMA
yang memiliki banyak tugas sehingga hal tersebut tidak terlalu memberatkan
masyarakat sasaran. Dalam evaluasi materi bahasa Inggris ini, masyarakat
sasaran harus menjawab 15 butir soal yang berkaitan dengan Teks Deskriptif, Regular verb, Irregular verb, dan Recount text. Hal tersebut didasarkan
pada pemberian materi-materi Bahasa Inggris sebelumnya. Evaluasi ini diikuti
oleh lima orang masyarakat sasaran yang aktif selama program ini dijalankan.
Untuk mengerjakan soal-soal evaluasi ini, masyarakat harus membuka platform Google formulir yang mana
sudah dibagikan link atau tautan pada whatsapp
group. Soal-soal bahasa Inggris ini digunakan untuk mengukur
pengetahuan masyarakat sasaran terkait materi yang telah diberikan. Dalam
pengerjaan soal-soal tersebut, masyarakat sasaran secara keseluruhan sudah bisa
memahami materi seperti mengetahui jenis teks deskriptif dan recount text, lalu perbedaan penempatan regular verb dan irregular verb pada sebuah kalimat
Bahasa Inggris. Evaluasi materi dengan pengerjaan soal-soal ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana peningkatan pengetahuan masyarakat sasaran terhadap
kosakata Bahasa Inggris sesuai dengan tujuan dibuatnya program ini. Untuk
evaluasi kemampuan Listening (mendengarkan),
masyarakat sasaran sudah mengerjakan sebuah worksheet dari
link yang sudah diberikan pada tanggal 23 Juli 2021 melalui whatsapp group.
2. Evaluasi Kegiatan Pembelajaran
Evaluasi kegiatan pembelajaran dilakukan untuk
mengetahui bagaimana masyarakat sasaran menerima materi pembelajaran, apakah
sudah terlaksana dengan baik atau kurang baik. Untuk evaluasi ini masyarakat
sasaran harus mengisi kuesioner melalui platform Google
Formulir yang berisi beberapa pernyataan dan pertanyaan. Kuesioner ini dapat
diakses melalui link atau tautan yang sudah dibagikan melalui whatsapp group pada tanggal 1 Agustus
2021. Dalam pengisian kuesioner ini, hanya lima orang masyarakat sasaran yang
mengisi dan lima orang tersebut merupakan masyarakat sasaran yang aktif
mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Sebagaimana pernyataan dan
pertanyaan yang dijawab oleh masyarakat sasaran, mereka merasa terbantu dengan
adanya program ini. Program ini membantu masyarakat sasaran untuk lebih mudah
menggunakan aplikasi Cake English untuk meningkatkan pengetahuan kosakata
bahasa Inggris serta peningkatan kemampuan mendengarkan kosakata Bahasa Inggris
masyarakat sasaran, lalu masyarakat sasaran lebih terbiasa menggunakan Google
Meet untuk pelaksanaan kegiatan belajar maupun pembelajaran di sekolah, serta
terbantu dalam hal pemahaman materi Bahasa Inggris ketika didalam kelas.
Berdasarkan pernyataan-pernyataan masyarakat sasaran kegiatan yang dilaksanakan
memiliki kesan positif dan sangat membantu masyarakat sasaran dalam mengatasi
permasalah mereka.
Dalam pelaksanaan kegiatan selama satu bulan
terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti permasalahan sinyal atau
koneksi internet yang kurang stabil sehingga mengganggu proses pembelajaran,
lalu ada satu masyarakat sasaran yang berpasrtisipasi kurang aktif dalam
kegiatan atau hanya melakukan pertemuan virtual hanya satu kali saja. Beberapa
kendala tersebut masih dapat diatasi dengan pemberian materi di whatsapp group, dan untuk masyarakat sasaran
yang sebelumnya berjumlah enam orang ketika awal kegiatan saya putuskan menjadi
lima orang karena partisipasi yang kurang aktif dalam pelaksanaan kegiatan.