Evaluasi Materi Bahasa Inggris dan Pengisian Kuesioner Pelaksanaan Kegiatan Oleh Masyarakat Sasaran

1. Evaluasi Materi

    Evaluasi materi  pembelajaran dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2021 hingga 1 Agustus 2021, saya memilih tenggang waktu tersebut karena masyarakat sasaran merupakan siswa kelas X SMA yang memiliki banyak tugas sehingga hal tersebut tidak terlalu memberatkan masyarakat sasaran. Dalam evaluasi materi bahasa Inggris ini, masyarakat sasaran harus menjawab 15 butir soal yang berkaitan dengan Teks Deskriptif, Regular verb, Irregular verb, dan Recount text. Hal tersebut didasarkan pada pemberian materi-materi Bahasa Inggris sebelumnya. Evaluasi ini diikuti oleh lima orang masyarakat sasaran yang aktif selama program ini dijalankan. Untuk mengerjakan soal-soal evaluasi ini, masyarakat harus membuka platform Google formulir yang mana sudah dibagikan link atau tautan pada whatsapp group. Soal-soal bahasa Inggris ini digunakan untuk mengukur pengetahuan masyarakat sasaran terkait materi yang telah diberikan. Dalam pengerjaan soal-soal tersebut, masyarakat sasaran secara keseluruhan sudah bisa memahami materi seperti mengetahui jenis teks deskriptif dan recount text, lalu perbedaan penempatan regular verb dan irregular verb pada sebuah kalimat Bahasa Inggris. Evaluasi materi dengan pengerjaan soal-soal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan pengetahuan masyarakat sasaran terhadap kosakata Bahasa Inggris sesuai dengan tujuan dibuatnya program ini. Untuk evaluasi kemampuan Listening (mendengarkan), masyarakat sasaran sudah mengerjakan sebuah worksheet dari link yang sudah diberikan pada tanggal 23 Juli 2021 melalui whatsapp group. 

2. Evaluasi Kegiatan Pembelajaran

    Evaluasi kegiatan pembelajaran dilakukan untuk mengetahui bagaimana masyarakat sasaran menerima materi pembelajaran, apakah sudah terlaksana dengan baik atau kurang baik. Untuk evaluasi ini masyarakat sasaran harus mengisi kuesioner melalui platform Google Formulir yang berisi beberapa pernyataan dan pertanyaan. Kuesioner ini dapat diakses melalui link atau tautan yang sudah dibagikan melalui whatsapp group pada tanggal 1 Agustus 2021. Dalam pengisian kuesioner ini, hanya lima orang masyarakat sasaran yang mengisi dan lima orang tersebut merupakan masyarakat sasaran yang aktif mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Sebagaimana pernyataan dan pertanyaan yang dijawab oleh masyarakat sasaran, mereka merasa terbantu dengan adanya program ini. Program ini membantu masyarakat sasaran untuk lebih mudah menggunakan aplikasi Cake English untuk meningkatkan pengetahuan kosakata bahasa Inggris serta peningkatan kemampuan mendengarkan kosakata Bahasa Inggris masyarakat sasaran, lalu masyarakat sasaran lebih terbiasa menggunakan Google Meet untuk pelaksanaan kegiatan belajar maupun pembelajaran di sekolah, serta terbantu dalam hal pemahaman materi Bahasa Inggris ketika didalam kelas. Berdasarkan pernyataan-pernyataan masyarakat sasaran kegiatan yang dilaksanakan memiliki kesan positif dan sangat membantu masyarakat sasaran dalam mengatasi permasalah mereka.

    Dalam pelaksanaan kegiatan selama satu bulan terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti permasalahan sinyal atau koneksi internet yang kurang stabil sehingga mengganggu proses pembelajaran, lalu ada satu masyarakat sasaran yang berpasrtisipasi kurang aktif dalam kegiatan atau hanya melakukan pertemuan virtual hanya satu kali saja. Beberapa kendala tersebut masih dapat diatasi dengan pemberian materi di whatsapp group, dan untuk masyarakat sasaran yang sebelumnya berjumlah enam orang ketika awal kegiatan saya putuskan menjadi lima orang karena partisipasi yang kurang aktif dalam pelaksanaan kegiatan.  

Tentang Penulis