Evaluasi mengenai pelaksanaan pelatihan bisnis online yang telah diterapkan

Pada tanggal 2 agustus 2020 dilakukan penyebaran kuesioner kepada mitra sasaran KMbD, para mitra diminta untuk mengisi kuisoner tersebut dalam kuesioner terdapat pertanyaan mengenai kegiatan program kerja yang telah dilaksankaan mulai dari 6 juli 2020 hingga 1 agustus  2020.


Pada tanggal 3 agustus 2020 dilakukan evaluasi dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Pada evaluasi ini digunakan data yang telah di dapatkan dari pengisiian kuesioner yang dilakukan pada tangal 2 agustus . Evaluasi ini dilakukan guna menjadi tolak ukur dalam kegiatan yang telah dilaksanakan apakah kegiatan ini berjalan sesuai dengan tujuanya. Dalam kegiatan yang berjudul peningkatan penjualan melalui pelatihan bisnis online bagi para pedagang sayur di masa pademi covid-19 . Berdasarkan pada hasil kuesioner yang telah diberikan di dapatkan hasil :

  1. Mengenai materi materi yang telah diberikan selama kegiatan ini para mitra sasaran telah memahami materi yang telah diberikan . Materi yang diberikan ini  mulai dari pengenalan awal mengenai media sosial , pemanfaatan media sosial untuk bisnis online, 3 sebab pembisnis online mengenai kegagalan dan strategi untuk terhindarnya ,dan terakhir materi mengenai langkah- langkah melakukan bisnis online.
  2. Lalu untuk penerapan materi yang telah diberikan juga sudah ditetapkan oleh para mitra sasaran , penerapanya ini mulai dari promosi yang telah diajarkan lalu diterapkan selama 6 hari serta mendapatkan pembeli dari sayuran yang telah ditawarkan .
  3. Untuk pemahaman penggunaan  media sosial yang dipilih oleh para mitra sasaran juga sudah  dipahami oleh para mitra sasaran dan juga digunakan untuk memasarkan sayuranya.
  4. Para mitra sasaran merasa terbantu dari pelatihan bisnis online yang telah diberikan terutamanya dalam memasarkan sayuranya seacara online melalui media sosialnya.
  5. Lalu peningkatan penjualan juga dirasakan bagi para mitra sasaran , peningkatan ini dirasakan dari 6 hari kegiatan penerapan pelatihan bisnis online yang dilakukan.
  6. Berdasarkan kesan pesan yang telah diberikan juga oleh para mitra sasaran memiliki nilai yang positif selama kegiatan ini, dimana para mitra terbantu dari adanya kegiatan ini karena dengan medapatkan pelatihan bisnis online ini mereka dapat membantu memasarkan sayuranya dan meningkatakan pendapatanya.

Dengan hasil yang telah di dapatkan dalam kuesioner tersebut maka saya dapat menyimpulkan bahwa kegiatan KMbD yang telah dilaksanakan ini berhasil, keberhasilan  ini di dapatkan karena tujuan yang telah tercapai. Selain itu hasil dari kuesioner juga memiliki hasil yang baik dimulai dari pehaman dari peserta KMbD mengenai materi yang telah diberikan , lalu para mitra juga sudah menerapkan pelatihan bisnis online dengan baik , serta para mitra sasaran juga merasakan peningkatan penjualan yang dirasakan saat menerapkan pelatihan bisnis online.


Tentang Penulis
Ketut Premastary Bhuana Dewi