Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan KKN Mandiri Berbasis Daring Undiksha Tahun 2020

Pelaksanaan Kegiatan KKN Mandiri Berbasis Daring Undiksha Tahun 2020 dimulai pada tanggal 6 Juli 2020 dan berakhir pada tanggal 5 Agustus 2020. Selama proses kegiatan ada beberapa kendala yang dialami oleh mahasiswa beserta masyarakat sasaran diantaranya:

  1. Waktu yang kurang sesuai dengan rancangan waktu yang telah dibuat dikarenakan masyarakat sasaran sendiri sedang menyelesaikan pendaftaran peserta didik baru pada jenjang SMA/SMK, masyarakat sasaran yang sedang melaksanakan kegiatan MPLS dan beberapa kegiatan lain, dimana jika mahasiswa tetap memaksakan kegiatan berlangsung sesuai rancangan waktu yang telah ditetapkan, maka itu akan memberatkan masyarakat sasaran itu sendiri.
  2. Sinyal dan Kuota Internet. Kedua hal ini merupakan kendala yang paling banyak diungkapkan oleh masyarakat sasaran, dikarenakan geografis tempat tinggal masyarakat sasaran yang berada di desa, sehingga menyulitkan jika meminta masyarakat sasaran melakukan hal-hal tertentu pada jam-jam tertentu.
  3. Mahasiswa terlambat memberikan materi dikarenakan menyesuaikan dengan jadwal masyarakat sasaran agar materi yang dikirimkan tidak tertumpuk oleh pesan-pesan lain yang sekiranya lebih dianggap penting pada saat itu oleh masyarakat sasaran.


Masyarakat sasaran mengaku merasa senang dan sangat terbantu dengan adanya proyek KMbD ini dikarenakan mereka dapat melakukan persiapan lebih awal mengenai teknologi dan media yang digunakan sebagai penunjang kegiatan Pembelajaran Daring di sekolah masing-masing. Masyarakat sasaran mengaku setidaknya ada 1 mata pelajaran yang menggunakan media Google Classroom untuk menunjang proses pembelajaran. 


Respons selengkapnya yang diberikan oleh masyarakat sasaran dapat diakses pada link berikut:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1ixDb2nzm6_KFXvtS-jvLvajJR475DPh47j_ayjYdPrE/edit?usp=sharing (Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan KKN Mandiri Berbasis Daring Undiksha Tahun 2020 (Respons))




Tentang Penulis