Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan KMbD 2020 di Desa Bebetin, Kabupaten Buleleng (Google Form)

        Minggu, 02 Agustus 2020,  Pelaksanaan Evaluasi Kegiatan KMbD yang telah berjalan Kurang Lebih 1 ( satu) Bulan. Selaku Mahasiswa Pelaksana KMbD di desa Bebetin, melaksanakan kegiatan evaluasi dengan melakukan pengukuran tingkat keberhasilan Pemberian Materi, Praktik, serta berbagai pertanyaan yang masih menjanggal dalam benak masyarakat yang belum di pahami sehingga akan menjadi paham selama proses KMbD, dan  yang  masyarakat sasaran rasakan selama melaksanakan kegiatan KMbD. Kegiatan evaluasi yang telah berlangsung, dilakukan dengan menggunakan Google Form yang disebarkan di Whatsapp grup.

           Masyarakat merasa puas dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan KMbD yang telah terlaksana, dan  yang dirasakan masyarakat saat adanya pandemi Covid-19 yang dimana masyarakat merasa kurang nyaman karena kesulitan dalam bersosialisasi karena merasa cemas dan khawatir untuk melakukan interaksi secara itens karena ketakutan akan tertular, dan masyarakat yang notabennya pekerja seperti pedagang akan merasakan dampak pada usahanya. Pelaksanaan KMbD yang sudah berjalan masyarakat dalam mengikti kegiatan mengalami beberapa kendala yang mungkin sudah bisa teratasi Seperti Keterbatasan jaringan internet ( Masyarakat jadi lambat untuk mengikuti sosialisasi). Dampak yang dirasakan setelah mengikuti berbagai kegiatan mulai dari sosialisasi materi, praktik PHBS dan Praktik pembuatan Disinfektan sangat besar, Pengetahuan yang baru bagi masyarakat yang awalnya tidak perduli dengan kebersihan adi bisa menerapkan dan memiliki pengetahuan bahwa disinfektan bias dibuat dengan bahan yang dapat kita temui di kehidupan kita sehari-hari.


        Pemberian Materi Dalam Kegiatan KMbD yang dilaksanakan dengan metode sosialisasi melalui Whatsapp grup, Zoom Meeting serta dengan melakukan praktik kunjungan ke rumah-rumah masyarakat, yang diikuti dengan antusias masyarakat dan mampu diterapkan di keluarga seperti ibu, ayah, kakak, adik yang dimulai dari hal kecil sehingga mampu mendapatkan dampak yang besar jika sudah diterapkan dengan baik , disiplin dan teratur. Manfaat yang diberikan selama proses Kegiatan yang sudah berjalan yang masyarakat rasakan, atara lain.Link Kuisioner Google Form

  1.  Keluarga lebih mampu menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat 
  2. Memperhatikan Hal kecil yang berdampak besar bagi kesehatan.
  3. Mendapatkan Pengetahuan Baru

          Pemberiaan Pesan kesan sebagai tanda berakhirnya kegiatan KMbD yang telah dilaksanakan masyarakat meminta agar jangkauan masyarakat bisa dilakukan lebih luas agar manfaat bisa lebih dirasakan oleh masyrakat, dan dapat diterima baik oleh masyarakat sekitar masyarakat sasarn dan lingkungannya.Kesannya masyarakat sangat senang mengikutinya karena sangat memberikan manfaat bagi lingkungan keluarganya agar dapat melakukan pencegahaan penyebaran covid-19 yang awalnya tidak paham menjadi paham.


Tentang Penulis
Ni Nyoman Wiwik Pratiwi