Evaluasi Pelatihan Pembuatan Poster Digital sebagai Sarana Promosi Pemasaran Online
- Oleh Kadek Swara Juni Astra
- Friday 31/07/2020
- Kelompok 161, Kelompok, Kelompok
31 Juli 2020, merupakan hari terakhir pelaksanaan KMbD Undiksha Tahun 2020. Kegiatan akhir yang dilakukan adalah melakukan evaluasi atas kegiatan yang telah dilakukan. Bahan evaluasi yang digunakan berupa kuisioner di Google form. Google form diisi oleh Masyarakat sasaran sesuai dengan apa yang telah mereka dapatkan dari pelatihan dan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Tujuan dilakukannya evaluasi ini adalah untuk mengetahui dan menilai proses yang telah dilakukan selama pelatihan pembuatan poster digital oleh masyarakat sasaran. Proses pengisian kuisioner telah dilakukan oleh kelima masyarakat sasaran. Adapun pertanyaan yang ditanyakan oleh penulis adalah :
- Apakah pelatihan yang telah dilakukan dapat membantu dalam memasarkan produk atau dagangan?
- Apakah materi yang diberikan mengenai cara pembuatan poster digital di aplikasi picsart mudah untuk dipahami oleh masyarakat?
- Apakah setelah diberikan materi dan melakukan pelatihan, masyarakat mengerti cara membuat poster digital diaplikasi picsart?
- Apakah selama pelatihan menggangu aktivitas sehari-hari masyarakat?
- Apakah masyarakat sasaran akan tetap menggunakan poster digital sebagai sarana pemasaran online?
Adapun hasil dari evaluasi ini yaitu 60% pelatihan ini mambantu masyarakat dalam memasarkan produk atau dagangan dan 40% Pelatihan ini Mungkin kedepannya dapat mambantu masyarakat dalam memasarkan produk atau dagangan. Selanjutnya, 100% materi yang diberikan mengenai cara pembuatan poster digital di aplikasi picsart mudah untuk dipahami oleh masyarakat. Kemudian 100% masyarakat mengerti cara membuat poster digital diaplikasi picsart. 100% selama pelatihan tidak menggangu aktivitas sehari-hari masyarakat. Kemudian 40% masyarakat akan tetap menggunakan poster digital sebagai sarana promosi pemasaran online, 40% mungkin akan menggunakannya, dan 20% belum mengetahuinya.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara umum masyarakat mampu memahami materi berupa cara pembuatan poster digital dan paham bagaimana cara membuatnya di aplikasi picsart sebagaimana proker yang sudah disusun, dan sebagian besar masyarakat merasa terbantu dalam hal pemasaran produk dagangannya, sehingga mereka akan tetap menggunakan poster digital sebagai sarana promosi pemasaran online.