Evaluasi Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Math Solver untuk Menunjang Pembelajaran Matematika di SD Negeri 1 Pempatan pada Masa Pandemi Covid-19

Kegiatan evaluasi pelatihan aplikasi microsoft math solver  dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui grup whatsapp  dan google form bersama masyarakat sasaran.

Dalam mengevaluasi, mahasiswi pengabdi memberikan beberapa soal matematika yang diakses melalui google form. Masyarakat sasaran dapat menggunakan aplikasi math solver untuk membantu penyelesaian soal-soal tersebut. Setelah semua masyarakat sasaran selesai menjawab soal, selanjutnya mahasiswi pengabdi melakukan pengecekan terhadap hasil jawaban masyarakat sasaran. Dari hasil pengecekan, terdapat beberapa jawaban yang masih keliru dari masyarakat sasaran, sehingga mahasiswi pengabdi memberikan penyelesaian yang benar terhadap soal yang dominan salah melalui grup whatsapp. Berdasarkan evaluasi tersebut, secara garis besar masyarakat sasaran telah mampu menyeselesaikan dengan baik walaupun ada beberapa jawaban yang masih keliru. Sehingga mahasiswi pengabdi menyimpulkan dari  hasil evaluasi dan diskusi-diskusi yang dilakukan selama proses pelatihan berlangsung, masyarakat sasaran sudah mampu dengan baik menggunakan dan memanfaatkan aplikasi microsoft math solver.

Secara kualitatif, program “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Math Solver untuk Menunjang Pembelajaran Matematika di SD Negeri 1 Pempatan pada Masa Pandemi Covid-19”, dapat terlaksana dengan baik dan sesuai harapan. Program kerja dilaksanakan lebih banyak secara daring melalui grup whatsapp dan zoom meeting, tetapi terdapat pula kegiatan yang dilaksanakan secara offline. Dalam pelaksanaan program kerja, masyarakat sasaran sangat antusias dalam mengikuti kegiatan walaupun hanya dilaksanakan secara daring. Masyarakat sasaran cukup aktif dalam melaksanakan diskusi selama proses pelatihan, terutama diskusi terkait kendala-kendala permasalahan tugas-tugas sekolah mata pelajaran matematika dan hal-hal yang perlu didiskusikan selama pelaksanaan program kerja. Adapun pencapaian dari berjalannya program kerja adalah sebagai berikut:

  1. memberikan wawasan kepada masyarakat sasaran mengenai aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang proses belajar selama pembelajaran daring ataupun pembelajaran luring;
  2. masyarakat sasaran menjadi lebih mudah dan cepat dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan juga dapat memahaminya dengan mudah karena aplikasi memberikan langkah-langkah penyelesaian soal dan rekomendasi video tutorial dan web terkait soal tersebut. Selain itu masyarakat sasaran juga dapat melakukan latihan-latihan kecil lewat kuis yang disediakan aplikasi. Dengan memanfaatkan aplikasi microsoft math solver, secara tidak langsung akan meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah terutama dalam mata pelajaran matematika.

Bahan evaluasi : https://forms.gle/6GtAXnDVMupif9Da6

Tentang Penulis