Evaluasi Program Kegiatan
- Oleh Putu Adi Bawa
- Monday 03/08/2020
- Kelompok 174, Kelompok, Kelompok
Dari 5 masyarakat sasaran, 60% merasa merasa lumayan
terbantu, dan 40% merasa sangat terbantu. Adapun kendala yang dihadapi
masyarakat sasaran ketika mengikuti serangkaian kegiatan KMbD sebagai berikut.
1. Belum
terbiasa jualan online.
2. Tidak
bisa langsung terjun ke lapangan dalam situasi saat ini.
3. Lebih
laku penjualan langsung ketimbang melalui online.
4. Sangat
rumit karena melalui online.
5. Sudah
mulai kerja sebelum program KMbD Selesai, jadinya tidak fokus mengikuti setiap
tahapannya.
Dari kendala yang dihadapi berikut adalah solusi yang
ditawarkan.
1. Di
era digital seperti sekarang ini kita harus membiasakan diri untuk memanfaatkan
media sosial untuk mencari untung, ketika belum terbiasa mungkin bisa diawali dengan
membaca informasi yang kita suka, jika kita sudah suka kita pasti akan senang
dan lama-kelamaan akan terbiasa, ketika sudah terbiasa barulah kita manfaatkan
untuk mencari keuntungan salah satu caranya dengan memasarkan produk yang kita
buat, disamping geratis, kita juga bisa menjangkau konsumen yang sangat luas.
2. Memang
teknis ini dibuat untuk tidak terjunlangsung ke lapangan, jadi bagi yang
sebelumnya mempunyai usaha langsung turun ke lapangan, ada baiknya dikombinasikan
dengan sistem online, karena itu akan lebih mempermudah usaha kita.
3. Jika
lebih laku pada penjualan langusung (ofline) bisa kita manfaatkan pembeli ofline
ini untuk membantu promosi usaha kita dengan upload testimoni produk kita di
masing-masing media sosial pelanggan yang membeli, itu akan membantu teknis
online yang kita buat.
4. Jika
sudah mulai bekerja normal sebelum program ini selesai dilaksanakan, bisa
dijadikan referensi untuk membuat usaha yang sejenis jika ada waktu luang.