Evaluasi Program Kegiatan

Dari 5 masyarakat sasaran, 60% merasa merasa lumayan terbantu, dan 40% merasa sangat terbantu. Adapun kendala yang dihadapi masyarakat sasaran ketika mengikuti serangkaian kegiatan KMbD sebagai berikut.

 

1.      Belum terbiasa jualan online.

2.      Tidak bisa langsung terjun ke lapangan dalam situasi saat ini.

3.      Lebih laku penjualan langsung ketimbang melalui online.

4.      Sangat rumit karena melalui online.

5.      Sudah mulai kerja sebelum program KMbD Selesai, jadinya tidak fokus mengikuti setiap tahapannya.

 

Dari kendala yang dihadapi berikut adalah solusi yang ditawarkan.

1.      Di era digital seperti sekarang ini kita harus membiasakan diri untuk memanfaatkan media sosial untuk mencari untung, ketika belum terbiasa mungkin bisa diawali dengan membaca informasi yang kita suka, jika kita sudah suka kita pasti akan senang dan lama-kelamaan akan terbiasa, ketika sudah terbiasa barulah kita manfaatkan untuk mencari keuntungan salah satu caranya dengan memasarkan produk yang kita buat, disamping geratis, kita juga bisa menjangkau konsumen yang sangat luas.

2.      Memang teknis ini dibuat untuk tidak terjunlangsung ke lapangan, jadi bagi yang sebelumnya mempunyai usaha langsung turun ke lapangan, ada baiknya dikombinasikan dengan sistem online, karena itu akan lebih mempermudah usaha kita.

3.      Jika lebih laku pada penjualan langusung (ofline) bisa kita manfaatkan pembeli ofline ini untuk membantu promosi usaha kita dengan upload testimoni produk kita di masing-masing media sosial pelanggan yang membeli, itu akan membantu teknis online yang kita buat.

4.      Jika sudah mulai bekerja normal sebelum program ini selesai dilaksanakan, bisa dijadikan referensi untuk membuat usaha yang sejenis jika ada waktu luang.