Evaluasi Program Kerja KMbD yang Telah Terlaksana
- Oleh Putu Melia Dewi
- Monday 03/08/2020
- Kelompok 77, Kelompok, Kelompok
Dalam rangka pelaksanaan KMbD Undiksha 2020, penulis merancang program KMbD yang berjudul “Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Platform E-learning dan Perancangan Media Pembelajaran Inovatif bagi Guru-Guru SMP Negeri 4 Busungbiu”. Program KMbD ini telah dilaksanakan oleh penulis kurang lebih selama satu bulan, tepatnya dimulai pada tanggal 6 Juli 2020. Adapun yang menjadi masyarakat sasaran dalam program KMbD yang dilaksanakan oleh penulis adalah lima (5) orang guru SMP Negeri 4 Busungbiu. Secara lebih terperinci, kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh penulis pada tahap pelaksanaan KMbD 2020 sesuai dengan judul program KMbD 2020 yang telah dibuat, di antaranya meliputi: 1) edukasi dan pengenalan mengenai platform e-learning yang bernama “Schoology”; 2) edukasi dan pengenalan mengenai platform e-learning yang bernama “Edmodo”; 3) sosialisasi mengenai tips mudah membuat video pembelajaran dengan memanfaatkan power point; 4) pemberian video tutorial tentang cara penggunaan platform e-learning “Edmodo”; 5) pemberian video tutorial tentang cara penggunaan platform e-learning “Schoology”; 6) pemberian video tutorial mengenai proses pembuatan video pembelajaran dengan memanfaatkan power point serta pemberian tutorial tentang cara pengunggahan video pembelajaran pada laman YouTube; 7) melakukan pelatihan dan pendampingan penggunaan platform e-learning “Schoology”; 8) melakukan pelatihan dan pendampingan penggunaan platform e-learning “Edmodo”, dan 9) melakukan pelatihan dan pendampingan terkait dengan pembuatan video pembelajaran dengan memanfaatkan power point serta proses pengunggahan video pembelajaran pada laman YouTube. Setelah seluruh program kerja tersebut selesai dilaksanakan, penulis melakukan kegiatan evaluasi terkait dengan seluruh program kerja yang sudah terlaksana tersebut. Secara umum, adapun tujuan dari kegiatan evaluasi ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dan keefektifan dari program kerja yang telah dilakukan.
Dalam pelaksanaan kegiatan evaluasi program kerja KMbD 2020 ini, penulis terlebih dahulu meyebarkan alat evaluasi berupa google form kepada lima orang masyarakat sasaran yang memiliki profesi sebagai guru di SMP Negeri 4 Busungbiu. Google form yang disebarkan kepada masyarakat sasaran telah dibuat dan disiapkan sebelumnya oleh penulis. Penyebaran alat evaluasi program kerja KMbD berupa google form ini dilakukan melalui media sosial WhatsApp, yaitu grup WhatsApp yang bernama “Masyarakat Sasaran KMbD” pada Sabtu, 1 Agustus 2020. Kemudian, penulis meminta masyarakat sasaran untuk mengisi form evaluasi tersebut. Setelah seluruh masyarakat sasaran sudah selesai mengisi form evaluasi yang diberikan oleh penulis, penulis selanjutnya melakukan analisis tentang program kerja yang sudah dilaksanakan secara keseluruhan dan hasil form evaluasi yang telah diisi oleh semua masyarakat sasaran. Analisis mengenai hal tersebut dilakukan oleh penulis pada Minggu, 2 Agustus 2020.
Secara keseluruhan, program KMbD 2020 berupa “Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Platform E-learning dan Perancangan Media Pembelajaran Inovatif bagi Guru-Guru SMP Negeri 4 Busungbiu” yang telah dilaksanakan oleh penulis mulai dari minggu pertama sampai minggu keempat tahap pelaksanaan KMbD Undiksha 2020 sudah berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dikarenakan semua masyarakat sasaran sudah berpartisipasi dengan baik dan antusias dalam mengikuti kegiatan. Namun, dalam pelaksanaan program kerja KMbD ini, penulis juga mengalami sedikit kendala. Adapun kendala yang sempat dialami oleh penulis dalam melaksanakan program kerja KMbD yang dirancang adalah kedala waktu yang tepat untuk melakukan komunikasi dengan masyarakat sasaran dikarenakan setiap masyarakat saaran memiliki waktu luang yang berbeda-beda untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh penulis. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, penulis selalu menanyakan kesepakatan masyarakat sasaran terkait dengan waktu untuk memulai suatu kegiatan tertentu, sehingga semua masyarakat sasaran dapat berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan dan kegiatan yang dilakukan pun bisa berjalan dengan baik dan lancar.
Berdasarkan hasil dari form evaluasi yang telah diisi oleh masyarakat sasaran yang terdiri atas lima orang guru SMP Negeri 4 Busungbiu, ada beberapa manfaat yang didapatkan oleh masyarakat sasaran terkait dengan pelaksanaan program kerja KMbD yang diadakan oleh penulis. Secara garis besar, adapun beberapa manfaat tersebut, di antaranya meliputi:
1. Semua masyarakat sasaran menjadi tahu mengenai jenis platform e-learning yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran daring agar berlangsung dengan efektif.
2. Semua masyarakat sasaran menjadi tahu mengenai tips mudah pembuatan video pembelajaran dengan memanfaatkan power point yang merupakan salah satu alternatif perancangan media pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan semangat siswa untuk belajar, terutama pada saat melakukan pembelajaran dari rumah dengan sistem daring pada masa pandemi Covid-19 saat ini.
3. Semua masyarakat sasaran mengatakan bahwa dengan mengikuti program pelatihan dan pendampingan mengenai penggunaan platform e-learning, khususnya platform “Schoology” dan “Edmodo”, kemampuan dan keterampilan mereka dalam menggunakan platform schoology dan edmodo dalam pemanfaatannya untuk menunjang aktivitas pembelajaran daring semakin meningkat. Masyarakat sasaran juga mengatakan bahwa video tutorial terkait dengan cara penggunaan platform e-learning berbasis schoology dan edmodo yang diberikan oleh penulis cukup mudah untuk dipahami dan diikuti oleh masyarakat sasaran serta bimbingan yang diberikan oleh penulis kepada masyarakat sasaran selama kegiatan pelatihan dan pendampingan ini telah disampaikan dengan baik dan jelas, sehingga pemahaman mereka tentang cara penggunaan platform schoology dan edmodo juga semakin jelas dan meningkat.
4. Semua masyarakat sasaran mengatakan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan tentang cara pembuatan video pembelajaran dengan memanfaatkan power point sangat bermanfaat bagi mereka karena dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka dalam merancang media pembelajaran daring yang inovatif yang dapat meningkatkan semangat siswa untuk belajar dan dapat memberikan pemahaman yang semakin jelas terhadap siswa mengenai materi pelajaran tertentu.
Berdasarkan form evaluasi yang telah diisi oleh semua masyarakat sasaran, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa semua masyarakat sasaran merasa sangat senang dan terbantu dengan program KMbD yang dilaksanakan oleh penulis karena program kerja yang dilaksanakan memang aktual dan mereka perlukan untuk menunjang aktvitas pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini agar tujuan pembelajaran yang diharapkan tetap tercapai secara maksimal. Masyarakat sasaran juga mengucapkan terima kasih kepada penulis karena telah memberikan ilmu yang berguna bagi mereka tentang penggunaan platform e-learning dan perancangan media pembelajaran inovatif berupa cara pembuatan video pembelajaran dengan memanfaatkan power point. Selain itu, semua masyarakat sasaran berharap agar kedepannya mereka mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan mengenai penggunaan platform e-learning berbasis schoology dan edmodo serta pembuatan video pembelajaran dengan memanfaatkan power point dengan baik.
Adapun respon semua masyarakat sasaran pada form evaluasi yang diberikan oleh penulis berkaitan dengan program kerja KMbD yang telah dilaksanakan, dapat dilihat secara lengkap pada link berikut ini.
https://drive.google.com/folderview?id=1-qLOaobcyfrbTvohKAzJ118lsHoAWsz-