Evaluasi Program Kerja yang Dijalankan Selama Pelaksanaan KKNbD 2021

Pelaksanaan KKNbD 2021 memasuki tahap akhir pada minggu ke empat dengan kegiatan evaluasi program kerja yang telah dijalankan. Tahap evaluasi ini dilaksanakan pada hari Jumat, 30 Juli 2021 setelah masyarakat sasaran menguji coba Quizizz yang telah dibuat kepada siswa sebagai sarana evaluasi hasil belajar siswa. Evaluasi ini dilakukan dengan memberikan link angket/kuesioner kepada masyarakat sasaran yang dibuat dengan menggunakan media Google Form. Kuesioner evaluasi tersebut dilengkapi dengan beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai program kerja yang telah dijalankan selama pelaksanaan KKNbD 2021 dapat membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran terkait penggunaan media pembelajaran daring yang dinilai kurang inovatif.

Berdasarkan pada program kerja yang telah dirancang, kegiatan evaluasi harusnya berlangsung pada awal minggu kelima, namun karena beberapa kendala yang mana penulis memerlukan hasil dari kuesioner sebagai bahan untuk pembuatan laporan akhir maka kegiatan evaluasi ini dilaksanakan lebih awal dari jadwal sebelumnya. Dari kuesioner yang telah diisi oleh masyarakat sasaran, bisa disimpulkan bahwa sebagian besar masyarakat sasaran dapat mengikuti pelatihan penggunaan media pembelajaran dengan baik, hal ini dapat dilihat dari kesan dan pesan yang diberikan oleh masyarakat sasaran selama mengikuti pelatihan ini. Melalui pelatihan ini masyarakat sasaran bisa menambah pengetahuan dan keterampilan terkait media pembelajaran inovatif yang dapat dimanfaatan dalam pembelajaran daring sebagai bahan penyampaian materi serta evaluasi hasil belajar.

Di akhir kegiatan KKNbD 2021, tidak lupa penulis mengucapkan terimakasih kepada masyarakat sasaran karena telah bersedia membantu menyukseskan kegiatan KKNbD 2021 ini dari awal pelaksanaan hingga akhir di tengah kesibukannya sebagai guru sekolah dasar. Selain itu, penulis juga memohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan yang dilakukan selama kegiatan KKNbD. Penulis berharap melalui pelatihan ini guru atau masyarakat sasaran dapat memberikan ilmu dan ketrampilan yang di dapat kepada rekan kerjanya yang lain, dengan demikian pembelajaran daring yang selama ini dinilai kurang efektif oleh siswa dapat diatasi dengan penggunaan media pembelajaran daring yang lebih inovatif. 

Tentang Penulis