EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI KEPADA MASYARAKAT SASARAN DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE FORM

Senin, 26 Juli 2021

 

Kegiatan terakhir program KKNbD yang dilaksanakan adalah evaluasi program pelatihan pembuatan video pembelajaran kepada masyarakat sasaran. Evaluasi ini dilakukan dengan mengirimkan link google form pada grup WA sehingga masyarakat sasaran cukup menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada kuisioner tersebut. Evaluasi ini dimulai pada pukul 13.25 WITA dan waktu yang diberikan untuk mengisi link tersebut hingga Pk 23.59 WITA. Namun ternyata hanya memerlukan waktu kurang lebih dua jam saja seluruh masyarakat sudah mengisi kuisioner tersebut, sehingga kegiatan berjalan lebih singkat.


Hasil dari evaluasi program yang dilaksanakan selama ini menunjukkan bahwa seluruh masyarakat setuju bahwa dengan adanya pelatihan pembuatan video pembelajaran animasi ini dapat membantu guru  dalam  meningkatkan motivasi belajar siswa dan keefektifan pembelajaran daring. Seluruh masyarakat sasaran juga menyatakan bahwa aplikasi Animaker ini cukup mudah di dalam penggunaannya sehingga sebagian besar atau hampir seluruh masyarakat sasaran sudah mampu memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk membuat video pembelajaran animasi dengan optimal. Hal ini didukung dengan pernyataan masyarakat sasaran bahwa materi dan video tutorial yang diberikan selama kegiatan KKNbD ini dipaparkan secara jelas dan mudah dipahami.


Secara garis besar kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran pada saat pelatihan yaitu kendala sinyal yang memang terjadi pada saat masyarakat sasaran menggunakan aplikasi animaker sehingga jalannya aplikasi sedikit lambat. Kesan dari seluruh masyarakat sasaran secara garis besar adalah mereka merasa puas dengan pelaksanaan program ini.  Kritik/ saran yang masyarakat sasaran sampaikan bahwa mereka mengharapkan kegiatan seperti ini dapat dilakukan lagi karena sangat membantu proses pembelajaran daring lebih efektif serta membantu meningkatkan  minat/motivasi belajar siswa agar mendapatkan suasana belajar yang lebih bervariatif dan  tidak mudah bosan.


Link Google Form: https://forms.gle/EYTdx2ZSCCkD5Vog9

.

.

#PembelajaranDaringTetap Efektif






Tentang Penulis