Evaluasi Tahap Akhir
- Oleh Luh Putu Yunita Siska Rini
- Saturday 01/08/2020
- Kelompok 256, Kelompok, Kelompok
EVALUASI KEGIATAN KMbD 2020
https://drive.google.com/file/d/1OsdhNq5IMLUvkYvEdd7YovDho3Ul2ub5/view?usp=drivesdk
Setelah melakukan kegiatan KMbD 2020 yang dilaksanakan mulai tanggal 6 Juli 2020 sampai pada tanggal 1 Agustus 2020, kegiatannya mulai dari diskusi dan memberikan video pengarahan seputar usaha keluarga melalui Wa Group, mengunjungi kelima masyarakat sasaran, melakukan praktek secara langsung terhadap pengembangan dari segi produk, pengemasan dan pemasaran, memasarkan produk melalui media online dan toko-toko dan sampai pada tahap akhir yaitu evaluasi. Maka pada tahap evaluasi ini saya melakukan penyebaran kuisioner secara langsung kepada kelima sasaran program KMbD 2020, dimana kuisioner yang diberikan berbentuk hardcopy dan saya mendatangi langsung masyarakat sasaran untuk pengisian kuisionernya.
Dari hasil kuisioner yang diberikan maka diperoleh hasil :
1. Masyarakat sasaran telah memahami dan menerima materi dan penjelasan pada video pengarahan yang di share melalui Wa Group dengan baik.
2. Masyarakat sasaran sudah tidak kebingungan untuk mencari pekerjaan sampingan selama pandemi Covid-19
3. Kelima masyarakat sasaran telah mengembangkan bisnis keluarga masing-masing.
4. Kelima masyarakat sasaran merasakan bahwa terjadi peningkatan daya beli masyarakat setelah dilakukan pengembangan tersebut.
5. Setelah selesai dirumahkan, masyarakat sasaran akan melanjutkan bisnis keluarga dan terus melakukan pengembangan.
Respon yang diberikan masyarakat sasaran sangatlah positif, dari hasil kuisioner yang diberikan masyarakat sasaran mengatakan bahwa program yang dilaksanakan sangat bagus dan sangat memotivasi, dapat membantu masyarakat yang sedang kebingungan untuk mencari kegiatan sampingan saat dirumahkan, selain itu dengan adanya pengembangan yang dilakukan dari segi produk, pengemasan dan pemasaran, masyarakat sasaran merasakan adanya peningkatan terhadap penjualannya, dapat menambah penghasilannya dan membuat para pembeli jauh lebih tertarik.