"Example of Pronunciation of English Words" Pemberian materi syllables and stress membantu masyarakat sasaran melafalkan kosakata bahasa inggris sesuai dengan intonasi dan penekanan yang benar.


Pemberian materi tahap akhir "syllables and stress" memperbaiki intonasi dan penekanan.

Pada sabtu, 24 juli 2021, dilaksankan bimbingan materi oleh pelaksana secara online melalui platform google meet. Pertemuan tersebut dihadiri oleh masyarakat sasaran, tidak seluruh nya bisa hadir dikarenakan keterbatasan kuota internet dan susah jaringan yang membuat sebagian masyarakat sasarn tidak dapat menghadirinya. Namun pelaksana tetap melakukan recording saat pertemuan agar masyarakat sasarn yang tidak berkesempatan hadir dapat menonton pada akun youtube pelaksana. Pelaksanaan pemberian bimbingan materi dimulai dari pukul 13.20 – 15.00, selama itu pelaksanaan yang berlangsung pada room meeting. Materi yang diberikan adalah syllables and stress dimana materi tersebut perlu dan penting dipelajari oleh pembelajaran bahasa inggris khususnya untuk meningkatkan skill pronunciation bagi para masyarakat sasaran (siswa). 


Materi tersebut membantu para pembelajar agar tidak mengucapkan suatu kata/ kosakata bahasa inggris dengan sesukanya, karena dalam pelafalanya memiliki aturan agar kata yang disampaikan terdengar jelas dan dapat dimengerti.

Dalam berbicara Bahasa Inggris kita tidak hanya dituntut untuk lancar berkomunikasi tapi kita harus mengetahui penekanan pada syllable (suku kata) di masing-masing kata. 

 Bahasa Inggris memiliki ritme-nya sendiri, artinya salah satu bagian dari kata tertentu bisa diucapkan lebih keras penekanannya dan lebih lama dibandingkan dengan bagian yang lain pada kata yang sama. Itulah yang disebut dengan Stress.


 Penjelasan seperti hal tersebut lah yang diberikan pelaksana kepada masyarakat sasaran (pelajar) ketika melakukan pertemuan melalui Gmeet. Saat di room meeting masyarakat sasaran (pelajar) diberi kesempatan unuk berpartisipasi untuk turut memberikan jawaban ketika pelaksana meminta memberikan contoh. Ketika pembahasan kalimat ber-suku kata, beberapa masyarakat sasaran memberikan jawabannya dan hanya beberapa yang telah berperan aktif saat kegiatan tanya jawab berlangsung. 

Setelah pemberian materi berakhir pada google meet, pelaksana mengirimkan link google form yang merupakan worksheet untuk masyarakat sasaran pada media whatsapp group pada pukul 15.19. Worksheet tersebut berisi pengujian untuk masyarakat sasaran setelah mengikuti bimbingan materi sebelumnya. Untuk masyarakat sasaran (pelajar) yang tidak dapat join room, diberikan waktu pengerjaan hingga pelaksana mengirimkan recording meeting sebelumnya. 


Hasil dari pemberian evaluasi dari worksheet yang diberikan oleh pelaksana kepada masyarakat sasaran (pelajar) sebagian besar pemahaman nya medium. Permasalahan utamanya adalah sebagian besar tidak membaca instruski cara menjawab soal yang diberikan.





Tentang Penulis