Feedback Masyarakat Sasaran sebagai Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja – KKNbD Desa Banyuasri 2021

Tahap evaluasi sangatlah penting dilakukan di setiap akhir kegiatan. Tujuan evaluasi adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama kegiatan berlangsung sehingga dapat menjadi pengalaman untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya dengan lebih baik lagi.

Dalam kaitannya dengan pelaksanaan program kerja KKNbD, kegiatan evaluasi juga dilakukan tetapi dengan metode yang berbeda. Dikarenakan kondisi yang kurang mendukung, evaluasi kegiatan tidak dapat dilakukan secara langsung melainkan dilakukan secara online melalui kuisioner yang dibuat melalui laman Google Form. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 1-2 Agustus 2021. Adapun tujuan dilakukan kegiatan evaluasi pelaksanaan program kerja kepada masyarakat sasaran, untuk mengetahui keefektifan program kerja dengan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan yakni :

Kegiatan 1       : Sosialisasi Konsep Strategi Digital Marketing

Kegiatan 2       : Sosialisasi Pemasaran Konvensional vs Pemasaran Digital

Kegiatan 3       : Penerapan Strategi Digital Marketing – Sosial Media Marketing

Kegiatan 4       : Pendampingan Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Penerapan Strategi Pemasaran Digital melalui Promosi di                             Sosial Media

Mekanisme pelaksanan pada kegiatan evaluasi dilakukan dengan membagikan kuesioner dalam bentuk Google Form kepada masyarakat sasaran. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari secara bertahap, mulai dari tahap penyusunan sampai dengan tahap pelaksanaan evaluasi kepada masyarakat sasaran. Setelah kegiatan evaluasi selesai dilanjutkan melihat “respons” masyarakat sasaran dan melakukan analisis hasil pelaksanaan program kerja untuk mengetahui keefektifan program kerja yang telah dijalankan.

Dari keseluruhan, kegiatan evaluasi pelaksanaan program kerja kepada masyarakat sasaran berjalan dengan lancar dengan capaian masyarakat sasaran sudah berpartisipasi untuk mengisi kuisioner sebagai tahapan evaluasi. Secara umum, masyarakat sasaran menanggapi bahwa program kerja yang telah dilaksanakan sudah berjalan dengan baik, menarik, dan memberikan manfaat terhadap masyarakat sasaran berupa wawasan di bidang pemasaran. Kendala yang dialami oleh sebagian masyarakat sasaran lebih banyak membahas kendala jaringan. Harapan kedepannya untuk pelaksanaan program ini adalah dapat terlaksana dengan lebih baik lagi dan berkesinambungan.

Berikut merupakan lampiran jurnal harian mengenai kegiatan yang dilaksanakan selama jadwal pelaksanaan KKNbD, kuisioner google form, dan respons masyarakat sasaran :

Jurnal Harian

Kuisioner evaluasi pelaksanaan KKNbD

Respons Evaluasi Pelaksanaan KKNbD oleh Masyarakat Sasaran

Tentang Penulis