Hari Keempat Kegiatan Pembelajaran Tambahan

    Pembelajaran hari ini dilakukan di kedua rumah akan tetapi dikarenakan ada berita bahwa 2 orang siswa akan pindah dan salah satunya adalah tuan rumah maka penulis menanyakan bagaimana kelanjutan dari pembelajaran tambahan KKNT ini. Dan guru menyarankan dimulai hari senin supaya kedua siswa ini dapat puas bertemu dengan temannya (lewat telepon). Pembelajaran dilaksanakan di kedua tempat seperti biasanya. Di group 1 dimulai dengan mereview pembelajaran kemarin dan melanjutkannya dengan mengurutkan bilangan pecahan mulai dari yang termudah yaitu yang pemilangnya sama tapi penyebutnya berbeda maupun sebaliknya. Kemudian mengajarkan trik cepat cara mengerjakan. Di hari ini mereka masih bingung-bingung. Penulis sudah memberikan materi berkali-kali secara perlahan dan memberikan Latihan soal setelahnya. Kemudian sebagian siswa sudah paham betul dan sisanya masih belum paham dengan baik. Dan waktu sudah melewati batas yang ditentukan sehingga pembelajaran dihentikan.

    Pembelajaran kedua berlokasi di Jalan Mayapada juga dimulai dengan berdoa, dan memberi salam kemudian pembelajaran dimulai. Selanjutnya siswa diajarkan membandingkan 2 buah benda yang sama besar dan satunya dibagi 2 dan satunya lagi dibagi 3 dan mereka ditanya yang manakah yang lebih kecil. Dari sanalah mereka diajarkan membandingkan sebuah bilangan pecahan. Kemudian ditambah lagi menjadi membandingkan 3 pecahan. Dan bertahap sampai diajarkan pecahan yang pembilangnya serta penyebutnya berbeda sampai mereka paham. Ada siswa yang perlahan paham dan ada yang langsung paham. Penulis mewajarkan hal itu terjadi karena baru 1 kali pertemuan. Dan seperti biasa mereka diberikan soal agar mereka bisa berlatih sekaligus penulis dapat mengetahui sejauh mana pemahaman mereka.

(Foto kegiatan terlampir)

Link video: https://youtube.com/shorts/u4F_B7yS7w8?feature=share

Tentang Penulis