Hasil kegiatan observasi dan menghubungi masyarakat sasaran melalui media sosial whatsapp

Pada kegiatan pertama ini dilakukan diskusi dan perkenalan awal penggunaan whatsapp grup sebagai media komunikasi dalam KMbD. Penyampaian informasi dilakukan melalui media online yaitu whatsapp grup. Tujuan dari pembuatan Group WhatsApp ini yaitu untuk memudahkan berkomunikasi dan memberikan informasi mengenai kegiatan KMbD kepada masyarakat sasaran dan  tetap mematuhi protokol keselamatan Covid-19.

Kegiatan observasi dan mencari masyarakat sasaran yang sesuai dengan kriteria yang dilakukan secara daring melalui media sosial whatsaap dilaksanakan pada tangga 27 Mei – 3 Juni 2020. Setelah melakukan observasi dan menetapkan masyarakat sasaran didapatkan permasalahan – permasalah yang muncul di tengah pandemic Covid-19 yaitu masalah perekonomian dan dijadikan sebagai topik dalam pelaksanaan KMbD. Sesuai dengan hasil observasi masyarakat sasaran dalam pelaksanaan KMbD terdiri dari 6 orang dengan latar belakang pekerjaan dan usia yang beragam. Masyarakat sasaran memiliki perkerjaan sebagai pedagang di kantin sekolah dan pegawai yang dirumahkan dengan rentang usia 20 – 45 tahun yang kehilangan pekerjaannya akibat Covid-19, sehingga mereka semua memiliki permasalahan yang sama. Mereka sama – sama mengeluhkan permasalahan ekonomi yang menurun dan tidak tahu haru melakukan apa selama pandemi Covid-19.

Berikut profil masyarakat sasaran dalam pelaksanaan KMbD 2020.

No

Nama

Jenis Kelamin

Pekerjaan

Umur

1

Ni Kadek Yuliastini

Perempuan

Pedagang di kantin sekolah

45 Tahun

2

Ni Komang Kasihani

Perempuan

Pegawai

35 Tahun

3

Ni Wayan Ayu Artini

Perempuan

Pegawai

20 Tahun

4

Ni Made Setiarini

Perempuan

Pegawai

22 Tahun

5

Ni Wayan Srining

Perempuan

Pedagang di kantin sekolah

45 Tahun

6

I Nyoman Putu Oka

Laki - Laki

Pegawai

35 Tahun

 


 

Profil Desa Pelaksanaan KMbD

Desa Puhu, Kecamatan Payangan, Gianyar

Dalam pelaksanaan KMbD Tahun 2020 ini dilakukan sesuai dengan daerah asal atau tempat tinggal masing – masing mahasiswa. Jadi dalam projek KMbD ini dilaksanakan di tempat tinggal penulis yaitu di Desa Puhu. Desa Puhu merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Desa Puhu memiliki luas 13,91 km2, dengan jumlah penduduk berjumlah 5.213 jiwa terdiri dari 2.588 laki-laki dan 2.625 perempuan.

Desa Puhu merupakan desa yang sebagian masyarakatnya mengandalkan sektor pariwisata dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Di Desa Puhu terdapat beberapa hotel, villa, dan wahana adventure yang sangat ramai dan disukai oleh wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Sehingga pada saat pandemi Covid-19 ini membuat semua pariwisata yang ada di Desa Puhu harus tutup dan melaksanakan protokol keselamatan Covid-19 sesuai dengan himbauan dari pemerintah.

Masyarakat sasaran dalam projek KMbD 2020 ini terdiri dari 6 orang yang berasal dari Desa Puhu yang memiliki pekerjaan di desanya sendiri. Ke enam masyarakat sasaran ini merupakam warga masyarakat disekitaran Desa Puhu dengan latar belakang pekerjaan dan usia yang beragam. Masyarakat sasaran memiliki perkerjaan sebagai pedagang di kantin sekolah dan pegawai yang dirumahkan dengan rentang usia 20 – 45 tahun yang kehilangan pekerjaannya akibat Covid-19, sehingga mereka semua memiliki permasalahan yang sama.

 

Berikut link dokumentasi kegiatan :

https://drive.google.com/drive/folders/13X04osWv3FyFLnbeHGnbYs_EB81X1QqW?usp=sharing


Tentang Penulis