Hasil Pelatihan Pembuatan Vidio Pembelajaran dan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19

1. Pelatihan pembuatan vidio pembelajaran ini dilaksanakan di sekolah SDN 1 Baturinggit, Kubu, Karangasem dengan sasaran 5 orang guru SDN 1 Baturinggit. Pelathian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang berlokasi di kediaman masing-masing menggunakan media google meet dan melakukan pertemuan secara langsung di SDN 1 Baturinggit beberapa kali.

Pelatihan ini memanfaatkan 2 aplikasi yaitu aplikasi Power Point dan OBS Studio. dalam pelaksanaan kegiatan ini tidak ada kendala yang berarti, semua hambatan dan kendala dapat diselesaikan dengan baik. pada minggu pertama pertemuan dikenalkan aplikasi Power Point dan OBS Studio serta bagai mana cara men download pada masing-masing pc/Laptop serta bagaimana cara pengaplkasian aplikasi tersebut. pada minggu kedua mulai menjalankan pembuatan materi power point dan presentasi dengan OBS Studio. 

Hasil presentasi yaitu berupa vidio kemudian dibagikan kepada siswa SDN 1 Baturinggit dengan menggunakan link Google Drive dan dikirim melalui WhatsApp Group yang kemudian bisa diakses oleh siswa pada proses pembelajaran.

2. Kegiatan Sosialisasi terdiri dari 2 materi yaitu pencegahan penyebaran covid-19 dan pola hidup sehat, Siswa SDN 1 Baturinggit sebelumnya telah melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Dengan kurangnya kesadaran siswa dalam pencegahan penyebaran covid-19 ini mengakibatkan kegiatan sosialisasi ini penting dilaksanakan. 

kegiatan ini dilaksanakan selama seminggu dimana kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dan secara daring menggunakan WhatsApp Group. Materi akan di bagikan secara daring di WhatsApp Group dan melaksanakan sosialisasi tatap muka di sekolah ketika siswa mengambil buku pelajaran di sekolah. kegiatan ini di lakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dan menjaga jarak walaupun kegiatan dilakukan di ruangan tertutup, menggunakan proyeksi LCD dan menampilkan presentasi vidio sehingga kegiatan ini menarik untuk siswa sekolah dasar.

kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat tetap menjaga dan menumbuhkan kesadaran siswa sekolah dasar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh, menjaga pola makanna, dan menjaga kebersihan diri untuk pencegahan penyebaran covid-19.

Berikut adalah hasil kegiatan pelatihan dan sosialisasi yaitu foto siswa sekolah dasar memakai masker ketika keluar dan tetap mencuci tangan, serta screen shot hasil vidio pembelajaran dari guru sekolah dasar.

Tentang Penulis