Kegiatan Evaluasi Akhir Pada Program Kegiatan KKNbD
- Oleh I Gede Hestha Mahan Dana
- Monday 02/08/2021
- Kelompok 295, Kelompok, Kelompok
Program kegiatan KKNbD telah dilaksanakan sesuai dengan program kegiatan yang dirancang sebelumnya. Sebagai evaluasi atas program kegiatan yang telah usai dilaksanakan, akan dilakukan evaluasi akhir yang akan diberikan untuk penilaian terhadap program kegiatan oleh pemilik usaha kos sebagai masyarakat sasaran, diberikan kuisioner online yaitu melalui Google Form. Kuisioner online diberikan kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp Grup pada hari Jumat, 30 Juli 2021. Adapun yang menjadi konten dari kuisioner online yaitu pada bagian pertama masyarakat sasaran membubuhkan nama sebagai identitas. Kemudian, pada bagian selanjutnya mengenai kepuasan pemilik usaha kos sebagai masyarakat sasaran dalam mengikuti program kegiatan KKNbD. Selanjutnya, pada bagian berikutnya terdapat kesan dan pesan selama mengikuti program kegiatan. Masyarakat sasaran dapat menyempaikan kesan selama mengikuti program kegiatan serta pesan yang dapat dijadikan evaluasi untuk peningkatan program kegiatan pada lain kesempatan. Kemudian, pada bagian berikutnya terdapat beberapa pertanyaan umum seperti perencanaan masyarakat sasaran dalam melaksanakan hal-hal yang telah didapatkan selama program kegiatan KKNbD dan juga video pelatihan yang paling digemari oleh masyarakat sasaran.
Adapun setelah membagikan kuisioner evaluasi akhir, didapatkan hasil dari berbagai pertanyaan yang telah dijawab oleh pemilik usaha kos sebagai masyarakat sasaran. Pada bagian kedua, mengenai kepuasan masyarakat sasaran selama mengikuti program kegiatan. Pada pertanyaan pertama yaitu secara umum, materi pelatihan telah disampaikan dengan baik, sejumlah empat orang masyarakat sasaran yang memberikan poin 5 (Sangat setuju) dan satu orang masyarakat sasaran yang memberikan poin 4 (Setuju). Kemudian, pada pertanyaan kedua yaitu secara umum, materi yang disampaikan telah sesuai dengan program kegiatan yang dilaksanakan, sejumlah lima orang masyarakat sasaran memberikan poin 5 (Sangat setuju). Selanjutnya, pada pertanyaan ketiga yaitu secara umum, penyampaian materi telah sangat baik untuk dipahami, sejumlah tiga orang masyarakat sasaran memberikan poin 5 (Sangat setuju) dan dua orang masyarakat sasaran memberikan poin 4 (Setuju). Kemudian, pada pertanyaan keempat yaitu secara keseluruha, sebagai pemilik usaha kos sangat antusias untuk mengikuti program kegiatan ini, sejumlah tiga orang memberikan poin 5 (Sangat setuju) dan poin 4 (Setuju). Selanjutnya, pada pertanyaan kelima yaitu sebagai pemilik usaha kos, sudah memiliki perencanaan kedepannya untuk usaha kos, malalui materi yang telah disampaikan, sejumlah empat orang masyarakat sasaran memberikan poin 5 (Sangat setuju) dan satu orang memberikan poin 4 (Setuju). Kemudian, pada pertanyaan keenam yaitu dalam pelaksanaan program kegiatan, materi yang diberikan dapat diterapkan pada usaha kos, sejumlah dua masyarakat sasaran memberikan poin 5 (Sangat setuju) dan tiga orang masyarakat sasaran memberikan poin 4 (Setuju).
Pada bagian ketiga, yaitu mengenai kesan dan pesan yang diberikan oleh masyarakat sasaran. Secara keseluruhan kesan yang diberikan oleh masyarakat sasaran mengaku terbantu dengan adanya program kegiatan ini serta mendapatkan pembelajaran baru melalui adanya program kegiatan yang telah dilaksanakan. Selanjutnya, pada bagian pesan terdapat beberapa pesan membangun yang diberikan seperti untuk kedepannya durasi video yang diberikan tidak terlalu lama agar tidak bosan ketika menyimat videonya serta memperbanyak pembahasan terhadap materi yang disampaikan. Pesan lainnya adalah diharapkan agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan kedepannya.
Pada bagian keempat yaitu mengenai pertanyaan umum, secara keseluruhan masyarakat sasaran ingin mengimplementasikan hal-hal yang telah didapatkan pada usaha kosnya masing-masing kedepannya, sebagai bentuk pengembangan usaha kos pada masa seperti saat ini. Kemudian, pada pertanyaan selanjutnya mengenai video yang menjadi kegemaran masyarakat sasaran adalah dua masyarakat sasaran menyukai video mengenai strategi usaha, yang disebabkan oleh sebagai ide dalam meningkatkan sewa usaha kos serta mengembangkan usaha kos. Kemudian, satu orang memilih video tutorial Canva yang disebabkan oleh tertarik dalam hal mendesain. Selanjutnya, satu orang memilih pemasaran digital yang disebabkan oleh masyarakat sasaran tersebut mendapatkan informasi baru melalui video yang disampaikan. Kemudian, satu orang memilih video konten kreatif, yang disebabkan oleh masyarakat sasaran tersebut mendapatkan informasi yang baru mengenai pembuatan konten kreatif sebagai bentuk sarana pemasaran digital.