Kegiatan Kelima KKNbD : Mengeshare Video Tutorial dan Melaksanakan Pelatihan Pemanfaatan Media Daring Aplikasi Google Meet dan Google Zoom.

Pada hari Rabu, tanggal 28 Juli 2021. Kegiatan KKNbD dilanjutkan dengan melaksanakan pelatihan pemanfaatan media daring aplikasi Google meet dan Google zoom. Kegiatan mengeshare materi mulai dari jam 09.30-10.30. Kemudian pelatihan Google meet dan Google zoom berlangsung pada pukul jam 14.30-16.30. Pelaksanaan kegiatan tersebut mellaui Wa Group oleh penulis agar masyarakat sasaran bisa berperan aktif dalam kegiatan pelatihan. Setelah penulis mengshare video tutorial masyarakat sasaran setelah mendengar penjelasan dari video tutorial yang diberikan dapat memudahkan masyarakat sasaran akan berlatih dalam penggunaan asplikasi Google meet dan Google zoom ini. Melalui Wa Group, para guru tidak hanya cukup menyimak atau melihat saja video tutorial yang penulis kirim, melainkan langsung berlatih. Jika dilaksanakan dalam VC, kendala yang dihadapi masyarakat sasaran ialah pada saat proses berlatih, karena dalam Vc tidak bisa berlangsung menggunakan leptop/hp untuk berlatih karena masih dalam keadaan pertemuan video conference, hal itu bisa mengakibatkan kesulitan masyarakat sasaran dalam proses pelatihan aplikasi Google meet dan Google zoom ini. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pemerintah sudah menghimbau kepada perusahaan atau bidang lainnya untuk membuat kebijakan work from home (WFH) alias kerja dari rumah. Tujuannya adalah meminimalisir risiko penularan virus corona yang mewabah di Indonesia. Dalam dunia pendidikan, meski tidak bertatap muka langsung koordinasi dalam pembelajaran harus tetap berjalan lewat aplikasi video conference untuk virtual meeting. Oleh karena itu penulis melaksanakan kegiatan pelatihan pemanfaatan media daring aplikasi zoom meeting ini melalui WA group.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk mempelajari pelatihan aplikasi google meet dan google zoom ini. Kegiatan pelatihan ini dilanjutkan bertujuan agar masyarakat sasaran yaitu guru-guru di Desa Kertha Mandala agar bisa lebih memahami dan lancar dalam penggunaan aplikasi google meet dan google zoom.

Berikut Link Video Tutorialnya :

https://youtu.be/e2vBSHQJANY

https://youtu.be/ySO9LKQLOmc



Tentang Penulis