Tahap Awal Kegiatan KMbD; Permohonan Izin Kepada Masyarakat Sasaran untuk Bergabung Ke WaG KMbD & Pembuatan WaG

Tanggal 17 Juni 2020, merupakan hari pertama yang dilakukan penulis dalam rangka memulai langkah awal kegiatan KMbD bersama masyarakat sasaran di Kecamatan Negara; Permohonan ijin kepada pihak yang bersangkutan (masyarakat sasaran) untuk bergabung dalam WaG untuk melangsungkana proses kegiatan KMbD.

 

Dalam tahap ini, penulis meminta izin kepada masyarakat sasaran agar bersedia untuk turut serta dengan bergabung ke dalam WaG untuk melangsungkan proses kegiatan KMbD sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan yang dirancang oleh penulis yang dituangkan dalam kegiatan KMbD Undiksha yang didedikasikan pada kondisi Pandemi Corona pada duwasa ini.

 

Penulis berkomunikasi kepada masyarakat sasaran dengan menggunakan bahasa informal atau bahasa yang tidak baku dikarenakan masyarakat sasaran tergolong dalam kalangan sebaya yang juga merupakan teman SMA dengan rentang usia 19-21 tahun, diharapkan hal tersebut dapat menciptakan dan melahirkan suasana yang santai melalui penyampain yang efektif dan ringan. Kegiatan ini menyertakan Screenshoot ruang chat pribadi di WhatsApp yang terlampir sebagai bukti kegiatan.

 

Pada tanggal yang sama yaitu pada 17 Juni 2020, tepat setelah mendapat persetujuan dari masyarakat sasaran KMbD, penulis membuat Group WhatsApp dengan nama group awal “Target KMbD Informal” kemudian dirubah agar lebih spesifik menjadi “Masyarakat KMbD kec. Ngr”. Komunikasi awal yang dilaksanakan berlangsung melalui situasi informal berupa ucapan terimakasih dari penulis atas kesediaan masyarakat sasaran dalam partisipasnya untuk ikut serta pada kegiatan KMbD yang dirancang oleh penulis. Kegiatan ini menyertakan Screenshoot ruang chat Grup WhatsApp yang terlampir sebagai bukti kegiatan.

 

Pada tahap ini penulis belum menginformasikan secara detail kepada masyarakat sasaran mengenai tahapan kegiatan yang akan berlangsung selama kegiatan KMbD di Grup WhatsApp tersebut. Direncanakan mengenai proses sosialisasi KMbD dan diskusi mengenai materi yang bersangkutan di tahap awal akan dilaksanakan pada minggu pertama kegiatan dengan rentang tanggal dari 6 Juli-12 Juli 2020. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara fleksibel dengan menyesuaikan waktu luang yang dimiliki oleh masyarakat sasaran. Kegiatan ini menyertakan Screenshoot Grup WhatsApp yang akan terlampir sebagai bukti kegiatan.

 

Adapun berikut merupakan 5 identitas dari masyarakat sasaran yang berpartisipasi dalam kegiatan KMbD:

1. Ni Putu Mastuti Parwidya Sari Saputri (Mahasiswi Universitas Udayana, usia 19tahun)

2. Luh Gede Yolanda Winanta Putri (Mahasiswi Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana, usia 21tahun)

3. Putu Dyah Ayu Sri Maha Laksmi (Mahasiswi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, usia 20 tahun)

4. Kadek Eva Wahyuni (Hotelier, usia 20 tahun)

5. Kadek Jesy Antika (Bekerja di Gourmet Cafe, usia 19 tahun)

Tentang Penulis
Anak Agung Ayu Novi Triananda