Kegiatan KKNbD di Kelurahan Kerobokan#4 -Pembekalan dan Diskusi Materi Pengelolaan Pemasaran (Digital Marketing) Kepada Masyarakat Sasaran-
- Oleh Ni Luh Putu Dita Silviani
- Wednesday 21/07/2021
- Kelompok 297, Kelompok, Kelompok
Pelaksanaan projek "Optimalisasi Waktu Luang Remaja , Dengan Pelatihan Kewirausahaan di Kelurahan Kerobokan" sudah memasuki minggu ketiga pelaksanaan. Dimana dalam minggu ketiga ini, materi yang saya fokuskan adalah pengelolaan usaha. Pada tulisan kali ini, saya akan menjabarkan mengenai pelaksanaan dalam pemberian materi pengelolaan usaha dalam aspek "Pengelolaan Pemasaran".
Seperti kegiatan - kegiatan sebelum, pelaksanaan kegiatan kali ini diawali dengan persiapan pada tanggal 19-20 Juli 2021. Dimana pada tanggal 19 Juli 2021, saya mencari referensi yang relefan mengenai aspek pemasaran dimana yang difokuskan ialah materi mengenai Pemasaran Digital/ Digital Marketing. Adapun sumber materi yang saya pakai dalam pemberian kali ini ialah dari website Welearn UNW. Melalui website ini saya menemukan materi yang kemudian saya kemas dalam bentuk power point mengikuti cara penjelasan saya sendiri. Nah, kenapa sih saya mengemas ulang materi ini dan tidak membagikannya mentah - mentah kepada masyarakat sasaran? Jawabannya karena, agar masyarakat sasaran lebih mudah dalam menangkap maksud dari materi atau penjelasan yang saya berkan nantinya. Sehingga masyarakat sasaran cenderung memiliki motivasi yang lebih besar dalam membangun produktifitas dalam dirinya sendiri dan mengenal pemasaran dengan bahasa yang mudah mereka mengerti. Keesokan harinya, pada 20 Juli 2021 saya melakukan rekaman video yang memakan durasi sekitar 2 jam. Hal ini dikarenakan padatnya materi mengenai pemasaran ini dan memang perlunya kehati - hatian dalam memilih kata sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman nantinya di pendengar.
Hari ini, tepatnya tadi siang saya membagikan materi yang telah saya kemas ulang kepada masyarakat sasaran. Pada kali ini respon masyarakat sasaran masih baik dan sangat cepat. Namun pada kali ini, mereka cenderung menyampikan pertanyaan mereka melalui personal chat daripada di grup. Ketika saya tanyakan alasannya partisipan terkait menjawab agar dapat lebih leluasa dalam bertanya dan beban perasaan malu pada dirinya ketika meyampaikan melalui personal chat itu menurun daripada di grup. Melihat hal ini saya sangat memaklumi dan sangat mengapresiasi partisipan/masyarakat sasaran . Karena mereka masih antusias terhadap setiap materi pada kelas pelatihan yang saya berikan.
Pada diskusi hari ini pula, kami mengatur jadwal untuk mengadakan pertemuan tatap muka melalui Google Meeting yang akan dilakukan dipertemuan kedua di minggu ke-3 ini, dimana kami akan membahas mengenai pengelolaan usaha pada aspek "Pengelolaan Keuangan". Saya rasa pasti akan jauh lebih menyenangkan ketika bisa memberikan materi langsung kepada mereka pada saat bertatap muka nanti. Nah, itu tadi serangkaian kegiatan mulai dari persiapan sampai ke tahap pelaksanaan pada kelas "Pengelolaan Pemasaran" dalam projek pelatihan kewirausahaan ini. Apakah kalian penasaran dengan bagaimana situasi pada saat memberikan kelas melalui Google Meeting nanti?, Saya rasa jawaban kalian "iya". Jadi sampai jumpa di tulisan mengenai projek "Optimalisasi Waktu Luang Remaja , Dengan Pelatihan Kewirausahaan di Kelurahan Kerobokan" dalam KKNbD Undiksha tahun 2021 selanjutnya. Terimakasih