Kegiatan KMbD Pada Minggu Ke-2

Pada kegiatan di minggu ke-2 terjadwal untuk melakukan diskusi sederhana dengan para mitra mengenai permasalahan yang dimiliki setiap mitra sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19.

Dalam tanya jawab di grup Whatsapp terdapat mitra yang sudah kembali bekerja seperti biasanya namun dengan pola kerja yang jauh berbeda dari sebelumnya. Mitra tersebut menjelaskan bahwa perusahaannya menerapkan AKB (adaptasi kehidupan baru) yaitu langkah langkah dalam penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Berikut Adaptasi Kehidupan Baru yang mungkin bisa dicontoh untuk tempat usaha lainnya :

1. Partisi Meja Kerja dan Meja Kantin
2. Sebelum memasuki area perusahaan setiap karyawan di cek suhu dan diberikan hand sanitizer.
3. Disediakan hand sanitizer dan hand wash soap di setiap area, seperti dekat tempat absen, lingkungan produksi, dll
4. Setiap karyawan dibagikan disposable Mask bertahap, dan skg diberikan cloth washable Mask 20 pcs/karyawan, juga mrk mendapatkan dari perusahaan 1 bottle hand sanitizer gel & bisa di refill seminggu sekali ke GA
5. Dan langkah-langkah safety pencegahan lainnya seperti sosial distancing dan Physical distancing di area musholla dll mengikuti anjuran pemerintah.
6. Disediakan tempat cuci tangan portable yang menggunakan pedal kaki utk buka kran air

Lalu mitra juga menjelaskan bahwa perusahaanya melakukan CSR secara rutin
dikarenakan perusahaan kami bergerak di tekstil, produksi kain kasur dan cover kain kasur. Dan perusahaan tersebut juga mendonasikan kasur2 baru ke RSUD terdekat dari perusahaan. Lalu ada donasi ke beberapa anak yatim sekitar kawasan yg warga yang kehilangan pekerjaan terdampak Covid-19.

Mitra juga menjelaskan bahwa perusahaannya tidak melakukan PHK atau merumahkan para karyawannya. Ini dikarenakan perusahaan  berusaha struggle untuk tetap produksi tetap berjualan untuk menghidupi karyawannya.
Untuk permasalahan mitra  lainnya rata rata hampir sama mereka merasa parno dan khawatir dengan penyebaran virusnya.




















Tentang Penulis
Nur Alfinah Huda Ridwanallah