Kegiatan pelatihan KKN memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai peluang-peluang dalam melakukan bisnis online.

Pada Kamis, 15 Juli 2021 telah dilaksanakan pelatihan KKN yang memaparkan materi lanjutan Topik 2 yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai peluang-peluang dalam melakukan bisnis online. Yang terlibat Pada pertemuan ini adalah Bu sujani, Bu Kadek Ayu, Bu Lestari, Bu Luh Sarini dan Bu Pariasi semua Ibu-ibu sangat antusias sekali dalam bertanya. Pelaksanaan tersebut dilakukan pada Grup WhatsApp pada tanggal 15 dilaksanakan pukul 17.00-20.00. Berikut saya lampirkan bukti-bukti kegiatan :

1.      https://drive.google.com/folderview?id=1c1GGNVnRbTvet-Vq-gKmBGHzi0CzMK98

(Kegiatan pada tanggal 15 Juli 2021)

Pada kegiatan memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai peluang-peluang dalam melakukan bisnis online, bisa dikatakan sudah berjalan dengan baik dan lancar, karena masyarakat masih bisa mengikuti kegiatan hari ini. Pertanyaan dari pada pertemuan kali ini hanya dari Bu Luh Sarini, Bu Kadek Pariasih dan masyarakat sasaran yang lain hanya menyimak materi saja. Pertemuan kali ini dapat disimpulkan dari pertanyaan masyarakt sasaran mengenai bagaimana cara mengatasi produk yang ingin dijual tetapi sudah banyak yang menjualnya dan apa penting diskon diberikan untuk konsumen padahal keuntungan yang diperoleh sedikit. Dari permasalahan tadi menurut pendapat saya solusi terbaik jika produk yang akan kita jual sudah banyak yang memproduksi, kita tetap bisa membuka usaha yang sama tetapi produk yang kita jual tentunya memiliki keunikan tersendiri, maka dari itu tidak adasalahnya mencoba hal yang baru dalam membuat produk agar terlihat unik. Untuk pemberian diskon ini menurut pendapat saya sangatlah penting, karena ketika konsumen mendapatkan kesan pertama yang bagus maka konsumen tersebut akan menjadi pelanggan setia kita sendiri. Dikemudian hari kita tidak tau bahwa pesaing kita bisa saja menurunkan harga produknya agar menambah pelanggannya, dengan hal ini kita sudah antisipasi kalua konsumen setia kita akan tetap berbelnja dikita karena konsumen sudah merasa puas dengan pelayanan kita.

Tentang Penulis