Kegiatan pelatihan KKN memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai peluang-peluang dalam melakukan bisnis online.
- Oleh Luh Putu Puspayani
- Monday 19/07/2021
- Kelompok 30, Kelompok, Kelompok
Pada Kamis, 15
Juli 2021 telah dilaksanakan pelatihan KKN yang memaparkan materi lanjutan Topik
2 yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai peluang-peluang
dalam melakukan bisnis online. Yang terlibat Pada pertemuan ini adalah Bu
sujani, Bu Kadek Ayu, Bu Lestari, Bu Luh Sarini dan Bu Pariasi semua Ibu-ibu
sangat antusias sekali dalam bertanya. Pelaksanaan tersebut dilakukan pada Grup
WhatsApp pada tanggal 15 dilaksanakan pukul 17.00-20.00. Berikut saya lampirkan
bukti-bukti kegiatan :
1. https://drive.google.com/folderview?id=1c1GGNVnRbTvet-Vq-gKmBGHzi0CzMK98
(Kegiatan pada tanggal 15 Juli 2021)
Pada kegiatan
memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai peluang-peluang dalam
melakukan bisnis online, bisa dikatakan sudah berjalan dengan baik dan lancar,
karena masyarakat masih bisa mengikuti kegiatan hari ini. Pertanyaan dari pada
pertemuan kali ini hanya dari Bu Luh Sarini, Bu Kadek Pariasih dan masyarakat
sasaran yang lain hanya menyimak materi saja. Pertemuan kali ini dapat
disimpulkan dari pertanyaan masyarakt sasaran mengenai bagaimana cara mengatasi
produk yang ingin dijual tetapi sudah banyak yang menjualnya dan apa penting
diskon diberikan untuk konsumen padahal keuntungan yang diperoleh sedikit. Dari
permasalahan tadi menurut pendapat saya solusi terbaik jika produk yang akan
kita jual sudah banyak yang memproduksi, kita tetap bisa membuka usaha yang
sama tetapi produk yang kita jual tentunya memiliki keunikan tersendiri, maka
dari itu tidak adasalahnya mencoba hal yang baru dalam membuat produk agar
terlihat unik. Untuk pemberian diskon ini menurut pendapat saya sangatlah
penting, karena ketika konsumen mendapatkan kesan pertama yang bagus maka
konsumen tersebut akan menjadi pelanggan setia kita sendiri. Dikemudian hari
kita tidak tau bahwa pesaing kita bisa saja menurunkan harga produknya agar
menambah pelanggannya, dengan hal ini kita sudah antisipasi kalua konsumen
setia kita akan tetap berbelnja dikita karena konsumen sudah merasa puas dengan
pelayanan kita.