Kegiatan pelatihan KKN memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai strategi pemasaran online marketing.

Pada Selasa, 13 Juli 2021 telah dilaksanakan pelatihan KKN yang memaparkan materi Topik 2 yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai strategi pemasaran online marketing. Yang terlibat Pada pertemuan ini adalah Bu sujani, Bu Kadek Ayu, Bu Lestari, Bu Luh Sarini dan Bu Pariasi semua Ibu-ibu sangat antusias sekali dalam bertanya. Pelaksanaan tersebut dilakukan pada Grup WhatsApp pada tanggal 11 dilaksanakan pukul 17.00-20.00. Berikut saya lampirkan bukti-bukti kegiatan :

  1. https://drive.google.com/folderview?id=1c8aRnZ9Zf0ZZXVwN1nJZ45n36Rm1RSuJ

(Kegiatan pada tanggal 13 Juli 2021)

Pada kegiatan memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai strategi pemasaran online marketing, bisa dikatakan sudah berjalan dengan baik dan lancar, karena masyarakat masih bisa mengikuti kegiatan hari ini. Pertanyaan dari pada pertemuan kali ini hanya dari Bu Luh Sarini dan masyarakat sasaran yang lain hanya menyimak materi saja. Pertemuan kali ini dapat disimpulkan dari pertanyaan masyarakt sasaran mengenai startegi yang cocok untuk UKM dalam menghadapi tantangan sekarang ini.  Jadi dari pertanyaan tersebut dalam pandemi Covid-19 ini kita semua merasakan dampak yang begitu signifikan bahkan sekarang sudah diberlakukan PKKM Darurat, semua aktifitas dibatasi kembali. Dengan terjadinya hal seperti ini strategi yang cocok dipakai adalah sebagai berikut:

1.      Jangan hanya sekedar berjualan, Tunjukkan dukungan pada strategi marketing di masa Pandemi ini, walaupun kita ingin mendapatkan keuntungan saja.

2.      Strategi pemasaran produk di saat pandemi covid-19: Gunakan topik dan kata kunci untuk penargetan yang tepat. di mana dalam masa pandemi ini pelanggan pasti akan mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. para pelanggan pasti akan mencari produk yang terkait dengan kesehatan produk medis, makanan dan minuman serta kebutuhan lainnya.

3.      Strategi pemasaran produk di masa pandemi melalui aplikasi dan konten online. Seperti contohnya ibu-ibu bisa berjualan tentang makanan sehat di tengah pandemi.

4.      Pada strategi marketing di masa pandemi pastikan keamanan produk dan cara mempromosikan produk yang akan dijual.

5.      Strategi pemasaran produk di saat pandemi covid 19 ibu-ibu bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang dimiliki. Jika UMKM sedang mengalami penutupan produksi sementara atau keterlambatan logistik atau masalah lainnya ibu-ibu bisa menginformasikan hal tersebut kepada pelanggan. Ibu-ibu bisa menginformasikan melalui website Facebook ataupun WhatsApp.

Pada pertemuan kali ini kendala yang di hadapi berkurangnya antusias dari masyarakat dalam bertanya, walaupun semua hadir tidak semua ikut berpartisipasi dalam membahas materi hari ini, Walaupun demikian kendala ini tidak terlalu berat, saya akan berusaha memberikan materi yang menarik agar masyarakat sasaran lebih antusias kembali.

Tentang Penulis