Kegiatan pelatihan KKN memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai strategi pemasaran online marketing.
- Oleh Luh Putu Puspayani
- Sunday 18/07/2021
- Kelompok 30, Kelompok, Kelompok
Pada Selasa, 13 Juli 2021 telah dilaksanakan pelatihan KKN yang memaparkan materi Topik
2 yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai strategi
pemasaran online marketing. Yang terlibat Pada pertemuan ini adalah Bu sujani,
Bu Kadek Ayu, Bu Lestari, Bu Luh Sarini dan Bu Pariasi semua Ibu-ibu sangat
antusias sekali dalam bertanya. Pelaksanaan tersebut dilakukan pada Grup
WhatsApp pada tanggal 11 dilaksanakan pukul 17.00-20.00. Berikut saya lampirkan
bukti-bukti kegiatan :
(Kegiatan pada tanggal 13 Juli 2021)
Pada kegiatan memberikan
edukasi kepada masyarakat sasaran mengenai strategi pemasaran online marketing,
bisa dikatakan sudah berjalan dengan baik dan lancar, karena masyarakat masih
bisa mengikuti kegiatan hari ini. Pertanyaan dari pada pertemuan kali ini hanya
dari Bu Luh Sarini dan masyarakat sasaran yang lain hanya menyimak materi saja.
Pertemuan kali ini dapat disimpulkan dari pertanyaan masyarakt sasaran mengenai
startegi yang cocok untuk UKM dalam menghadapi tantangan sekarang ini. Jadi dari pertanyaan tersebut dalam pandemi
Covid-19 ini kita semua merasakan dampak yang begitu signifikan bahkan sekarang
sudah diberlakukan PKKM Darurat, semua aktifitas dibatasi kembali. Dengan
terjadinya hal seperti ini strategi yang cocok dipakai adalah sebagai berikut:
1. Jangan
hanya sekedar berjualan, Tunjukkan dukungan pada strategi marketing di masa
Pandemi ini, walaupun kita ingin mendapatkan keuntungan saja.
2. Strategi
pemasaran produk di saat pandemi covid-19: Gunakan topik dan kata kunci untuk
penargetan yang tepat. di mana dalam masa pandemi ini pelanggan pasti akan
mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. para pelanggan pasti akan
mencari produk yang terkait dengan kesehatan produk medis, makanan dan minuman
serta kebutuhan lainnya.
3. Strategi
pemasaran produk di masa pandemi melalui aplikasi dan konten online. Seperti
contohnya ibu-ibu bisa berjualan tentang makanan sehat di tengah pandemi.
4. Pada
strategi marketing di masa pandemi pastikan keamanan produk dan cara
mempromosikan produk yang akan dijual.
5. Strategi pemasaran produk di saat pandemi covid 19 ibu-ibu bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang dimiliki. Jika UMKM sedang mengalami penutupan produksi sementara atau keterlambatan logistik atau masalah lainnya ibu-ibu bisa menginformasikan hal tersebut kepada pelanggan. Ibu-ibu bisa menginformasikan melalui website Facebook ataupun WhatsApp.
Pada pertemuan kali ini kendala yang di hadapi berkurangnya antusias dari masyarakat dalam bertanya, walaupun semua hadir tidak semua ikut berpartisipasi dalam membahas materi hari ini, Walaupun demikian kendala ini tidak terlalu berat, saya akan berusaha memberikan materi yang menarik agar masyarakat sasaran lebih antusias kembali.