Kegiatan Pelatihan pembuatan produk pada Minggu pertama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan anti covid-19

Om swastyastu,

Salam sukses KKNbD 2021

pelatihan pembuatan kreasi produk cemilan dari kacang tanah untuk masyarakat terdampak covid-19 di banjar dinas bajangan desa dencarik kecamatan banjar buleleng”

Program pelatihan pembuatan produk “kacang kribo” yang dilakukan secara offline telah dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan  dengan 1 anggota subsar setiap miggunya selama dua minggu. Yakni pada tanggal 09 dan 14 Juli 2021. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan secara offline dengan mendatangi kediaman subsar dan tetap memperhatikan protokol Kesehatan. Sebelum pelatihan dilaksanakan persiapan bahan dan alat oleh penulis agar pelatihan dapat dilakukan secara lebih efektif.

Dalam proses pelatihan minggu pertama yakni kepada subjek sasaran “ Bu Asih”, dimulai dari jam 14.00 hingga pukul 17.00. Proses pelatihan berlangsung dengan baik dan pelaksanaan berlangsung dengan efektif karna subsar telah menguasai teknik memasak produk cemilan sebelumnya. Penulis memulai dengan memperkenalkan bahan-bahan untuk pelatihan pembuatan produk, mengarahkan bagaimana cara pembuatan produk dengan memberi kuasa untuk subsar mengerjakannya hingga proses pengemasan. Subsar mengakui bahwasannya hasil yang didapat sangat banyak dan mudahnya pemasaran produk yang dapat dilakukan secara online sehingga subsar mempunyai kepercayaan untuk menjualnya. Kendala saat pelaksanaan pelatihan terbilang minim terjadi, hanya saat pembuatan adonan. Namun hal tersebut bisa teratasi. Penulis memberikan pilihan untk subsar, mengemas produk dalam wadah kecil atau besar serta pilihan rasa yang akan dibuat saat pelatihan. Dan subsar memilih untuk mengemas dengan kemasan besar dengan rasa yang original.

Tentang Penulis