Kegiatan Pembelajaran Tambahan Matematika Hari Pertama

https://youtube.com/shorts/wtJLxhbeHt8?feature=share

   Sesuai jadwal yang telah disepakati bersama antara pihak penulis dengan pihak sekolah pada hari Senin, 12 Juli 2021 pembelajaran diadakan dan terdapat 2 sesi di dua tempat yang berbeda. Masing-masing tempat berisi 4-5 orang anak. Group 1 berlokasi di Perumahan Kampial Indah pada pukul 15.00 - 16.30 dan Group 2 berlokasi di Jalan Mayapada pukul 16.50 - 18.20. Pembelajaran dilaksanakan secara luring dengan menetapkan protokol kesehatan. Selama pembelajaran berlangsung siswa wajib menggunakan masker dan berjaga jarak serta membawa meja masing-masing dari rumah. Lokasi pembelajaran tambahan pertama adalah di Perumahan Kampial Indah. Hal yang pertama dilakukan adalah berdoa bersama dan mengucapkan salam kemudian mahasiswa KKNT menanya kabar siswa dan berkenalan satu-persatu. Siswa juga diajak untuk berkomunikasi tentang materi yang akan diajarkan apakah sudah pernah diajarkan atau belum. Kemudian siswa diminta untuk mengisi Pre-test yang telah disediakan oleh guru (print out) sesuai kemampuan masing-masing dan diharapkan untuk tidak bekerja sama. Waktu yang diberikan kepada siswa untuk menyelesaikan Pre-test adalah 30 menit mengingat hari senin ini adalah hari pertama mereka sekolah dan menurut informasi dari siswa dan orang tua bahwa selama liburan semester mereka lebih sering menggunakan waktunya untuk bermain.

    Dari Hasil yang di dapat pada grup 1, 4 orang siswa mendapatkan nilai 20,  1 orang mendapatkan nilai 0. dapat dilihat bahwa siswa. Dapat disimpulkan bahwa mereka sudah lupa tentang materi di kelas 3. Langkah berikutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menjelaskan jawaban yang benar dari pre-test tersebut. Penulis juga menjelaskan tahap demi tahap pada masing-masing materi hingga mereka paham. Selain itu, untuk memastikan pemahanam siswa penulis juga meminta siswa maju satu-persatu sehingga penulis tahu mana yang memiliki kemampuan lebih dan mana yang kurang. Siswa yang memilii kemampuan kurang telah dibina secara lebih dan mendapat perlakuan khusus agar siswa menjadi paham dengan materi dan kemampuannya dalam matematika menjadi bertambah. Setelah menjelaskan materi secara rinci mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa, siswa juga diberikan soal sebanyak 5 soal yang akan dikerjakan secara mandiri di lokasi dengan waktu 25 menit. Dari hasil yang didapat, semua siswa mendapatkan nilai 100. Dapat disimpulkan bahwa siswa bukan tidak mengerti materi akan tetapi lupa dengan materi di kelas sebelumnya yaitu kelas 3. Selain itu sebelum pulang mereka diberikan soal rebutan dan semua siswa aktif mengangkat tangan untuk menjawab.

    Setelah pembelajaran selesai, dilanjutkan pada group 2 yang berlokasi di Jalan Mayapada. Di hari pertama ini siswa yang datang ada 4 orang. Pembelajaran juga dilakukan sama seperti group 1 yaitu secara luring sehingga diwajibkan untuk mengenakan masker selama pembelajaran dengan melakukan jaga jarak. Penulis memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa serta mengajak siswa berkenalan dan menanyakan kegiatan mereka di rumah selama liburan. Kemudian siswa diberikan tes yaitu tes kemampuan awal untuk mengukur kemampuannya. 2 siswa mendapatkan nilai 80, 2 siswa mendapatkan nilai 20. Semua siswa di group 2 paham tentang soal no.1 yaitu pecahan dengan gambar. Selanjutnya penulis menjelaskan semua jawaban dan cara menjawab dari soal 2-4. Setelah selesai membahas soal, penulis memberikan penjelasan mengenai materi tersebut secara rinci untuk memperkuat pemahaman mereka mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa. Untuk mengukur pemahaman mereka, penulis meminta satu-persatu siswa maju kedepan sehingga penulis tahu mana siswa yang memerlukan perhatian khusus. Setelah itu penulis memperkuat pengetahuan siswa dengan memberikan 5 buah soal dengan waktu 25 menit tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa. Hasil dari pembelajaran adalah 3 orang siswa mendapatkan nilai 100 dan 1 orang mendapat nilai 60. 1 orang siswa ini perlu perlakuan khusus karena sangat lambat dalam menjawab dan memahaminya bahkan siswa ini belum bisa berhitung dengan baik. Di group 2 telepon genggam mahasiswa mati sehingga tidak banyak mengabadikan momen. (foto kegiatan terlampir)


(Video singkat pembelajaran hari pertama: https://youtube.com/shorts/wtJLxhbeHt8?feature=share)


Tentang Penulis