Kegiatan Pra Pelaksanaan KMBD 2020 (Tahap Observasi, Memberikan Surat Permohonan Kesediaan Mitra dan Pengunggahan Proposal KMBD 2020)

          Pada rentang waktu  26 Mei - 2  Juni 2020 merupakan jadwal   dalam melakukan tahap observasi sebelum pelaksanaan KMBD.  Adapun tujuan observasi ini untuk mengetahui dan meninjau permasalahan yang dihadapi masyarakat akibat Virus Covid-19 yang melanda beberapa belahan dunia termasuk Indonesia.

       Observasi ini dilakukan melalui beberapa media diantaranya media chat personal Whatsapps, Media berita diinternet,dan melihat kondisi disekeliling khususnya didesa Sibetan. Menurut observasi yang dilakukan melalui berbagai penelusuran via komunikas whatsapps dengan beberapa teman,  berita internet, dihasilkan bahwa dampak covid -19 tidak hanya berpengaruh pada dunia kesehatan,namun berdampak disemua sektor khususnya dampak sosial ekonomi yang dirasakan masyarakat luas. Beberapa karyawan ada yang di rumahkan sementara bahkan ada yang di PHK.   Sektor yanh paling disorot adalah berdampak pada konidisi pariwisata di Bali.  Banyak teman-teman saya yang bekerja sebagai karyawan hotel yang dirumahkan sehingga mereka membutuhkan tambahan pengahasilan ditengah kondisi Sosial Distancing dan sebagainya. Oleh karena itu saya mengangkat tema KMBD 2020 ini mengenai Penanggulangan Dampak Sosial Ekonomi akibat Covid-19 dan masyarakat sasaran saya adalah karywan hotel yang dirumahkan khususnya didesa sendiri yaitu desa Sibetan.Setelah menemukan ide ini saya melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing dan menyampaikan rencana program kerja yg akan dilaksanakan. Setelah itu tahap observasi telah dilalui. 

       Kemudian setelah melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing,  kegiatan selanjutnya adalah menentukan  orang yang menjadi masyarakat sasarannya.  Selanjutnya kami memberikan surat permohonan kesediaan mitra yang bertujuan untuk melakukan kegiatan secara formal dan  bersikap sopann untuk bekerja sama  dengan masyarakat sasaran terkait yang mengikuti program kerja  selama pelaksanaan KMBD  2020.

    Setelah kegiatan observasi dan pemberian surat kesediaan mitra maka dilanjutkan dengan tahap penyusunan proposal yang dimulai tanggal 3 Juni - 23 Juni dan penggunggahan proposal yang sudah lengkap persetujuan tandatangan oleh dosen pembimbing yang berlangsung tanggal 24 juni - 27 Juni 2020. Kegiatan Pra Pelaksanaan KMBD 2020 ini telah dilalui dan berjalan dengan lancar. 





Tentang Penulis