Kekuatan Video Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19

Video adalah teknologi yang menangkap, merekam, dan menggabungkan gambar-gambar mati dengan kecepatan tertentu. Video juga sering kali disebut sebagai gambar bergerak. Adapun keunggulan video yang bersifat audiovisual atau mampu menampilkan gambar bergerak dan suara pada saat yang bersamaan menjadi daya tarik tersendiri, karena kita mampu menyerap informasi yang disampaikan dengan menggunakan lebih dari satu indera. Video pembelajaran memungkinkan peserta didik menggunakan indera penglihatan dan indera pendengaran sekaligus untuk memahami materi yang ada dalam video tersebut.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa video adalah salah satu media pembelajaran yang dapat membantu para guru untuk menarik minat belajar dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Melalui video, guru-guru dapat melakukan penyesuaian dan meningkatkan kreativitasnya untuk menyampaikan materi pembelajaran agar lebih mudah dipahami dan dimengerti sesuai dengan minat dan karakteristik peserta didik.

Video pembelajaran matematika dapat digunakan untuk memperkenalkan konsep matematika yang baru dan proses atau langkah-langkah penyelesaian masalah dalam matematika. Video pembelajaran memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengulang atau menghentikan video supaya lebih memahami materi. Peserta didik juga dapat melewati bagian yang sudah mereka pahami. Oleh karena itu, peserta didik dapat mempercepat proses belajar sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, banyak peserta didik yang masih kurang memahami materi yang dipelajari dikarenakan pembelajaran daring cenderung monoton dan hanya menggunakan metode penugasan. Kita ketahui siswa-siswi SMP kelas 9, tidak memiliki banyak waktu dikarenakan akan adanya ujian sekolah.

Maka dari itu untuk membantunya, pada Selasa, 7 Juli 2020 saya membuat video pembelajaran matematika dengan materi yang sudah disesuaikan dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yaitu Bilangan Pangkat. Selain itu, saya juga menyiapkan materi/ bahan ajar dan soal-soal untuk pertemuan pertama.

Dengan video pembelajaran matematika, masyarakat sasaran akan merasa lebih efektif dalam belajar. Pembelajaran yang efektif akan mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan teknologi terutama video pembelajaran online sebagai media untuk mencapai pembelajaran yang efektif.

Foto Pembuatan Materi dan Video Pembelajaran

https://drive.google.com/drive/folders/1GebqVKW00HQVP2gor6iJ5KGF93YrJcye?usp=sharing