KMbD Undiksha 2020: Pelaksanaan Minggu ke-IV “Mengadakan Post-Test Berupa Video Project”

Minggu ke-IV merupakan minggu terakhir dalam pelaksanaan KMbD Undiksha 2020. Siswa sasaran telah mengalami peningkatan hingga pelaksanaan KMbD berakhir. Minggu ke-IV dimulai pada Senin, 27 Juli 2020 dengan topik ”Opinion about A Good Public Speaker”. Pada pertemuan ini, siswa sasaran diminta untuk mengutarakan opini mereka mengenai seorang public speaker atau pembicara yang baik. Siswa dapat menjelaskan definisi mereka tentang public speaker atau memberikan pandangan mereka tentang bagaimana menjadi pembicara yang baik dan benar. Tentu saja siswa sasaran harus menggunakan Bahasa Inggris. Sistem dan teknis pelaksanaan sama yaitu dengan mengirimkan voice note di grup WhatsApp. Kemudian, pertemuan ditutup dengan memberikan feedback atau masukkan untuk siswa sasaran.

Pelaksanaan KMbD di minggu ke-IV dilanjutkan keesokan harinya pada 28 Juli 2020. Untuk hari tersebut, siswa sasaran diberikan arahan untuk pelaksanaan post-test yaitu dengan membuat video project dengan topik “Impression during Online Training English’s Public Speaking”. Kriteria video project yang akan diberikan antara lain sebagai berikut:

1.      Tema video project adalah “Impression during Online Training English’s Public Speaking

2.      Durasi video minimal 1 menit

3.      Menggunakan Bahasa Inggris tanpa menggunakan teks

4.      Isi dari video harus menampilkan pelafalan (pronounciation) yang jelas dan percaya diri (self confident). Untuk masalah tata bahasa (grammar) dan kelancaran (fluency) diusahakan agar terstruktur

5.      Deadline pengumpulan video project adalah 31 Juli 2020

6.      Jika ada yang kurang dimengerti atau jelas bisa tanyakan lewat grup atau chat pribadi di WhatsApp.

Siswa sasaran memiliki waktu dua hari untuk menyelesaikan video project yang diberikan. Selama waktu penyelesaian sebelum deadline, siswa sasaran bebas bertanya atau berdiskusi dengan teman terkait isi atau content yang akan dibahas di dalam video. Dengan adanya pengumpulan video project, maka berakhirlah pelaksanaan online training public speaking Bahasa Inggris KMbD Undiksha 2020. 

Tentang Penulis