Kuis Melatih Kemampuan Anak Didik untuk Menulis Kosakata Bahasa Inggris dengan Benar

    Selain pengucapan yang benar, cara menulis tentu juga sangat penting. Karena mau bagaimanapun dalam ujian nanti, tes tulis adalah yang kemungkinannya paling besar untuk muncul. Dalam hal ini saya sudah berupaya memberi mereka catatan yang akan bisa mereka pelajari kembali saat di rumah. Namun mengingat kebanyakan anak-anak tidak akan menyentuh buku di rumah kecuali ada tugas dan sebagainya, saya mulai mencari cara lain untuk melatih kemampuan menulis dan mengingat ejaan dalam bahasa Inggris para peserta didik.

    Upaya yang bisa saya terapkan adalah dengan memberi mereka kuis di grupchat whatsapp. Dalam kuis ini saya memberi mereka pertanyaan dalam bahasa Indonesia yang selanjutnya akan dijawab dalam bentuk bahasa Inggris.

    Dalam kuis ini kegiatannya cukup menarik, para peserta didik berlomba untuk menjawab tercepat dan paling benar. Tentunya ada kesalahan dalam satu atau dua kosakata, namun secara keseluruhan metode ini lumayan ampuh untuk menguji sejauh mana kemampuan anak-anak dalam mengingat ejaan yang benar.

    Selain itu karena anak-anak lebih senang memegang ponsel daripada buku, saya pikir mereka akan senang jika bisa menggunakan ponsel mereka sebagai sarana belajar.

Tentang Penulis
Ni Wayan Indiana Sherly Antari