Lebih Efektif Pemberian Materi Matematika Menggunakan Media Audiovisual atau Text?

Di blog sebelumnya sudah disampaikan kegiatan pemberian materi di Edmodo kepada siswa dengan format materi berupa text dalam pdf. Setelah itu dilakukan pemberian tugas di Edmodo oleh guru yang tergabung dalam grup, akan tetapi masih ada siswa yang belum memahami materi. Di pertemuan ini tanggal 25 Juli 2020. Melalui Pak Gede Rudi (salah satu masyarakat sasaran saya yang berprofesi sebagai guru) dengan menggunakan akun saya, ia mencoba untuk memberikan materi di Edmodo berupa video yang seperti video – video bimbel online pada umumnya (https://www.youtube.com/watch?v=B0VTRMkL5fw). Kemudian saya membuat polling di Edmodo untuk menanyakan kepada siswa penyampaian materi yang mana yang lebih dipahami, apakah materi berupa video atau text dalam pdf. Hasilnya 100% siswa lebih memilih penyampaian materi melalui video.

Menurut berbagai sumber yang telah saya baca, dalam pelajaran matematika, memang pemaparan materi secara langsung oleh guru lah yang lebih efektif ketimbang dengan hanya memberikan text kepada siswa. Hal itu dikarenakan tidak banyak orang yang mampu memahami matematika hanya dengan membaca sendiri. Perlu adanya penjelasan serta contoh langsung dari guru, tetapi dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan guru untuk menjelaskan langsung karena situasi Covid-19 ini maka dari itu pemberian materi dengan cara audiovisual lah solusi yang tepat untuk itu.

Setelah saya memberikan sedikit assignment untuk siswa di Edmodo melalui Pak Gede selaku guru matematika, hasil yang diperoleh siswa sudah lebih baik walaupun masih ada 1 sampai 2 jawaban yang masih salah. Tetapi dengan itu saya mengetahui ke efektifan materi berupa video atau text dalam pdf.

Tentang Penulis