Lebih Efektif Pemberian Materi Matematika Menggunakan Media Audiovisual atau Text?
- Oleh Gede Ryan Arya Wisnu Wardana
- Saturday 25/07/2020
- Kelompok 30, Kelompok, Kelompok
Di blog
sebelumnya sudah disampaikan kegiatan pemberian materi di Edmodo kepada siswa
dengan format materi berupa text dalam pdf. Setelah itu dilakukan pemberian
tugas di Edmodo oleh guru yang tergabung dalam grup, akan tetapi masih ada
siswa yang belum memahami materi. Di pertemuan ini tanggal 25 Juli 2020. Melalui
Pak Gede Rudi (salah satu masyarakat sasaran saya yang berprofesi sebagai guru)
dengan menggunakan akun saya, ia mencoba untuk memberikan materi di Edmodo berupa
video yang seperti video – video bimbel online pada umumnya (https://www.youtube.com/watch?v=B0VTRMkL5fw). Kemudian saya
membuat polling di Edmodo untuk menanyakan kepada siswa penyampaian materi yang
mana yang lebih dipahami, apakah materi berupa video atau text dalam pdf. Hasilnya
100% siswa lebih memilih penyampaian materi melalui video.
Menurut berbagai
sumber yang telah saya baca, dalam pelajaran matematika, memang pemaparan
materi secara langsung oleh guru lah yang lebih efektif ketimbang dengan hanya
memberikan text kepada siswa. Hal itu dikarenakan tidak banyak orang yang mampu
memahami matematika hanya dengan membaca sendiri. Perlu adanya penjelasan serta
contoh langsung dari guru, tetapi dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan
guru untuk menjelaskan langsung karena situasi Covid-19 ini maka dari itu
pemberian materi dengan cara audiovisual lah solusi yang tepat untuk itu.
Setelah saya
memberikan sedikit assignment untuk siswa di Edmodo melalui Pak Gede selaku
guru matematika, hasil yang diperoleh siswa sudah lebih baik walaupun masih ada
1 sampai 2 jawaban yang masih salah. Tetapi dengan itu saya mengetahui ke
efektifan materi berupa video atau text dalam pdf.