[MATERI IIb] Pemanfaatan Teknologi Informasi di Masa Pandemi COVID-19 (e-Commerce)
- Oleh Anak Agung Gede Wira Pratama Yasa
- Friday 24/07/2020
- Kelompok 326, Kelompok, Kelompok
SENYUM (Sosialisasi, Edukasi, dan Penyuluhan Secara Medis) || Senin, 20/07/2020, 19:36 WITA
Penulis: Anak Agung Gede Wira Pratama Yasa || NIM. 1818011009
Pemaparan Materi II berjudul “Pemanfaatan Teknologi Informasi di Masa Pandemi COVID-19” dengan sub-materi e-Commerce (Marketplace) yang dilaksanakan pada hari Senin, 20 Juli 2020 melalui platform youtube dan dibagikan dalam whatsapp group dengan masyarakat sasaran telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Electronic commerce atau e-commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Salah satu model dari e-commerce ialah marketplace yang dimana berfungsi sebagai media perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu meladeni dari pembelian oleh customer karena seluruh aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus dan ditanggung oleh pihak developer dari platform marketplace tersebut. Alasan dari diberikannya materi ini oleh karena penetapan physical distancing oleh pemerintah nasional dan daerah sehingga tentunya menjadi sebuah solusi yang dapat dimanfaatkan selama pandemi COVID-19. Selain karena pembelian maupun penjualan di marketplace dapat dilakukan dimana saja seperti didalam rumah dan tidak ada pengeluaran biaya operasional oleh penjual, marketplace juga dapat menekan dari penularan penyebaran virus COVID-19 karena e-Commerce yang sudah serba digital salah satunya ialah melalui transaksi secara non-tunai sehingga tidak akan terjadi kontak secara langsung baik dari antara penjual dan pembeli pada saat melakukan proses transaksi. Ada berbagai macam marketplace yang ada di dunia mulai dari amazon, shopee, lazada hingga marketplace karya anak bangsa seperti tokopedia.
Isi yang diberikan pada saat pemaparan materi antara lain pengertian e-Commerce, pengertian Marketplace, macam-macam marketplace yang populer di Indonesia, serta keuntungan menjadi pembeli maupun penjual didalam marketplace. Setelah diberikan pemaparan secara singkat, kemudian dilanjutkan dengan pemberian tutorial menggunakan salah satu marketplace terpopuler yakni shopee mulai dari cara membeli suatu barang, cara mendapatkan promo seperti diskon dan gratis ongkir, cara agar tidak tertipu oleh pihak penjual, dan cara berjualan di shopee.
Hal ini disambut dengan antusiasme dari masyarakat sasaran walaupun sebagian masyarakat sasaran merasa tidak asing terhadap marketplace namun menurut beberapa masyarakat sasaran ini merupakan suatu hal yang baru sehingga diperlukan sedikit pendalaman dalam menggunakan aplikasi marketplace. Langkah selanjutnya dari pemaparan materi II yakni evaluasi materi II kepada masyarkat sasaran.
Langkah Selanjutnya: Evaluasi Materi II
Sekian dan Terimakasih.
LAMPIRAN: