Melaksanakan Pelatihan secara Daring kepada Orangtua sebagai sasaran dan memberikan materi pendukung melalui Whatsapp Group mengenai Pola Asuh Demokratis

Pada tanggal 19-7-2021 adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan pelatihan secara daring, menggunakan platform WhatsApp Group. Materi pelatihan yang diberikan kepada orangtua setempat yaitu mengenai “Komunikasi dalam Pengasuhan”. Dalam diskusi ini dijelaskan mengenai bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan menggunakan kata-kata yang tidak menyakiti anak, materi ini dibagikan di Group Whatsapp dengan menggunakan media Power Point. Tujuan pemaparan materi ini adalah agar terciptanya kata-kata yang positif dan terciptanya kehangatan didalam keluarga.

Selain itu dikarenakan kondisi yang mulai tidak memungkinkan untuk dilakukannya kegiatan sosialisasi secara langsung maka saya lebih memperbanyak kegiatan pelatihan menggunakan media. Adapun media berikutnya yang saya gunakan yaitu pembuatan Video Pembelajaran mengenai “Kecakapan Pengasuhan Orangtua dalam mendidik anak”. dalam Video ini dijelaskan mengenai trik dan cara yang harus dilakukan oleh orangtua agar anak tidak merasa bosan dan tahu menghormati orangtua dengan cara yang baik dan tepat.

Selain itu pelatihan lanjutan yang saya paparkan kepada orangtua yaitu agar orangtua lebih memperhatikan cara berbicara dengan anak. materi yang dimaksud yaitu “Tidak membanding-bandingkan anak dengan orang lain”, saya mengangkat materi pelatihan ini dikarenakan perhatian saya ditarik oleh keadaan masyarakat desa yang sangat sering membandingkan anak mereka dengan anak lain, tanpa disadari oleh orangtua hal tersebut berdampak sangat fatal kepada anak dan dapat membentuk karakter negatif terhadap anak tersebut, oleh sebab itu saya merasa sangat penting  untuk membahas dan memberikan pelatihan kepada orangtua mengenai materi agar tidak membandingkan anak dengan anak lainnya.

Berikut ini adalah Link Video yang saya buat dan bagikan kepada masyarakat sasaran:

https://drive.google.com/file/d/1OBMykrkyHteUbwOlJVuD2sT_PgYQ1C98/view?usp=sharing 




Tentang Penulis
Yemima Elza Yany Br Perangin-angin