Melakukan Bimbingan Belajar Dengan Memanfaatkan Media Audiovisual Pada Pembelajaran Bagi Kelas 4 Melalui Grup Whatsapp

Pada hari Senin tanggal 26 Juli 2021, adapun kegiatan saya adalah melakukan bimbingan belajar yang dimulai pada pukul 08.00-10.30 WITA yang berlangsung di grup whatsapp. Kontrak waktu yang telah disepakati adalah berlangsung sekitar 2 jam namun di hari pertama pelaksanaan kegiatan ini berlangsung 2,5 jam dikarenakan ketika menonton video tidak diberikan batas waktu menontonnya. Dalam hal ini, sehari sebelum kegiatan saya melakukan koordinasi kembali dengan ibu guru dan juga dengan orang tua siswa tentang waktu pelaksanaan bimbingan belajar. Rencana saya untuk hari pertama dilaksanakan melalui zoom meeeting dan hari berikutnya dilaksanakan melalui grup whatsapp. Namun, ibu guru dan para orang tua siswa menyarankan untuk kegiatannya dilaksanakan di grup whatsapp saja mengingat apabila dilaksanakan melalui zoom meeting, para siswa belum terbiasa dan belum mengerti karena belum pernah belajar melalui zoom meeting sehingga menyepakati seluruh kegiatan berlangsung di grup whatsapp. Untuk memulai pembelajaran saya memberikan salam pembuka dan mempersilahkan ibu guru untuk mengirimkan link video pembelajaran dengan materi Tema 1 Sub tema 1 Pembelajaran 1 ke grup whatsapp. Video pembelajaran ini merupakan video yang dibuat oleh ibu guru ketika kegiatan pelatihan sebelumnya. Saya juga meminta kepada siswa untuk memfoto diri ketika mendengarkan video yang telah diberikan. Ketika ibu guru meminta siswa untuk mencermati video pembelajaran, tidak diberikan batasan waktu untuk menontonnya sehingga kegiatan menonton video menghabiskan waktu sekitar 40 menit. Kemudian setelah selesai menonton video, ibu guru memberikan bacaan singkat kepada siswa lalu meminta siswa menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Selanjutnya saya membantu ibu guru memberikan instruksi yang jelas agar siswa tidak kebingungan. Beberapa menit kemudian tampak di grup sepi sehingga saya berinisiatif untuk masuk ke grup dan mengajak siswa berdiskusi dengan memberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan agar mereka dapat menemukan mana gagasan pokok dan gagasan pendukung. Dalam kegiatan ini, hanya beberapa siswa yang aktif memberikan pendapat. Setelah siswa memberikan jawabannya, saya persilahkan untuk ibu guru memberikan penjelasan namun ibu guru hanya menyuruh siswa untuk membaca kembali. Kemudian saya memberikan penjelasan kepada siswa agar mereka tidak bingung untuk menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Selanjutnya saya memberikan tugas kepada siswa yaitu menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf 4 dan 5 yang mana paragraf ini merupakan lanjutan dari bacaan yang tadi serta jawabannya dikirim di grup whatsapp. Selain itu, tidak diberikan batasan waktu pengiriman tugas ternyata hanya 4 orang siswa yang mengirim tugasnya sedangkan 1 orang siswa tidak mengirim tugasnya.

 Berikut link video pembelajaran : https://youtu.be/B435CpeYhUM

 


Tentang Penulis