Melakukan Diskusi dan Evaluasi Kepada Masyarakat Sasaran Selama Pelaksanaan Program Kerja Berlangsung

Melakukan Diskusi dan Evaluasi Kepada Masyarakat Sasaran Selama Pelaksanaan Program Kerja Berlangsung Melalui Grup WhatsApp Dan Google Forms



    Melakukan diskusi dan evaluasi kepada masyarakat sasaran selama pelaksanaan program kerja berlangsung melalui grup WhatsApp dan Google Forms. Pelaksanaan diskusi dan evaluasi ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat kendala ataupun hal yang dirasakan oleh masyarakat selama program kerja yang telah dilakukan, baik itu itu sebuah pertanyaan, kritik, saran/komentar untuk program kerja penulis yang telah dilakukan. Penulis dapat melihat sejauh mana keberhasilan ataupun kekurangan dalam program kerja yang penulis buat, sehingga penulis dapat memperbaiki atau meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

    Pada Sabtu, 31 Juli 2021 sekitar pukul 15:08-15:37 WITA penulis membuka sesi diskusi dan memberitahukan tentang evaluasi yang akan dilakukan penulis dengan membagikan link Google Forms yang akan di isi besok hari oleh masyarakat sasaran melalui grup WhatsApp. Dalam diskusi ini masyarakat hanya mengucapkan terima kasih atas program kerja yang telah dilakukan baik materi-materi yang diberi penulis dan memberitahukan gerakan-gerakan dasar yoga yang membantu masyarakat sasaran. Pada pukul 20:18-20:42 WITA penulis membuat Google Forms yang merupakan alat evaluasi pelaksanaan program kerja yang akan diberikan kepada masyarakat sasaran.

    Pada Sabtu, 01 Agustus 2021 sekitar pukul 08:28-14:05 WITA penulis bertanya kepada masyarakat sasaran dalam sesi diskusi “apakah ada pertanyaan, kritik, saran atau komentar lagi mengenai program kerja yang telah dilakukan?” dan masyarakat menjawab tidak ada. Selanjutnya penulis memberikan link Google Forms yang merupakan evaluasi untuk program kerja yang akan masyarakat sasaran isi. Adapun kritik dan saran yang diberikan masyarakat sasaran melalui Google Forms yaitu:

“Saya jadi lebih mengenal diri saya sendiri karena kesehatan mental sangat penting saya senang beryoga. Semoga kakak tetap bisa membimbing saya walaupun KKN sudah berakhir terima kasih semoga sukses”.

“Terima kasih sudah memberikan informasi dan pelayanan tentang kesehatan mental, sangat bermanfaat, semoga sukses dan bisa disebarluaskan lagi ilmu yg bermanfaat ini”.

“Bagus bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang yoga”.

“Bagus sekali program nya semoga kegiatan bermanfaat ini bisa terus berjalan”.

“Kegiatan yoga yang dilaksanakan sangat menyenangkan dan edukasi mudah dimengerti”.

    Besar harapan penulis jika program kerja yang telah dilaksanakan benar-benar bermanfaat kepada seluruh masyarakat sasaran, sehingga terdapat perubahan yang baik kepada masyarakat sasaran terkhusus dalam aktivitas-aktivitas masyarakat sasaran yang dapat mengganggu kesehatan mental dan kesehatan mental masyarakat sasaran tetap terjaga dan stabil dalam masa pandemi Covid-19 ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat sasaran yang telah membantu dan berpartisipasi dalam pelaksanaan program kerja sehingga dapat berjalan dengan baik. 





Tentang Penulis