Melakukan Diskusi Google Meet dan Post-Test Kepada Masyarakat Sasaran

Dalam kegiatan pada tanggal 30 Juli 2021, saya melakukan kegiatan diskusi melalui Google Meet, tidak lupa saya memberikan kembali link Google Meet (https://meet.google.com/jso-mvor-aco) beserta Post-Test dalam bentuk Google Form (https://forms.gle/XciUZtKbNepXod1P9). 

Selama kegiatan diskusi saya bersama masyarakat sasaran menanyakan bagaimana kesan dan pesan mereka selama kegiatan KKKNT ini berlangsung dari awal hingga akhir. Kesan pesan yang diberikan oleh masyarakat sasaran pun beragam mulai dari yang merasa sangat senang hingga berterima kasih dengan diadakannya kegiatan ini sehingga mereka dapat membantu mereka untuk menalaah informasi lebih baik lagi, serta dapat memahami pentingnya untuk mengikuti vaksinasi COVID-19. Tidak lupa saya menanyakan perihal hal-hal yang masih dirasa ragu terkait dengan materi KKNT yang sudah diberikan. Masyarakat sasaranpun membalas dengan menanyakan apakah dapat di share-kan informasi mengenai vaksinasi yang ada di Bali. Meskipun sudah diberikan metode untuk registrasi secara online, beberapa dari masyarakat sasaran ingin juga mengetahui informasi yang dikeluarkan dari pihak fasilitas kesehatan. Hal ini menyebabkan saya membagikan informasi vaksinasi dari website salah satu rumah sakit yaitu RSUD Bali Mandara. Namun, tentunya saya tidak langsung membagikan informasi tersebut pada hari yang sama karena harus memastikan terlebih dahulu apakah informasi tersebut masih valid atau tidak.

Setelah diskusi berakhir saya berikan waktu sekitar 2 jam untuk mengisikan kuesioner/Post-Test kepada masyarakat sasaran. Hasil yang didapat dari kuesioner tersebut berupa respon yang positif dari masyarakat sasaran, diantaranya sekarang mereka sudah mampu untuk mencerna informasi berita khususnya mengenai vaksinasi lebih baik dan tidak mudah terpengaruh oleh berita hoax, lalu mereka saat ini sudah semakin paham terkait dengan pentingnya vaksinasi COVID-19 melalui pemberian materi yang menarik dan diskusi yang interaktif selama kegiatan KKNT berlangsung. Hal ini juga didukung dengan adanya beberapa dari masyarakat sasaran yang ikut berpartisipasi dalam vaksinasi COVID-19 sehingga meninkatkan keberhasilan dari program kerja ini.

Tentang Penulis
Putu Gede Semara Putra