Melakukan Diskusi Mengenai Media Sosial yang Digunakan Untuk Promosi serta Membuat Nama untuk Bisnis Online
- Oleh Ni Putu Ayu Emalasari
- Wednesday 21/07/2021
- Kelompok 40, Kelompok, Kelompok
Kegiatan KKNbD: Rabu, 21 Juli 2021 dilaksanakan kegiatan program kerja yang pertama yaitu mendiskusikan mengenai media sosial yang akan digunakan untuk promosi sebelum memberikan materi mengenai tips melakukan promosi, sekaligus menanyakan terkait dengan nama untuk bisnis onlinenya. Kegiatan dilaksanakan via daring melalui Whatsapp Group yang dimulai dari pukul 11.30.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini yaitu mempersiapkan masyarakat sasaran yang bertujuan agar tidak ada masyarakat sasaran yang terlambat untuk mengikuti kegiatan. Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan mengenai media sosial yang akan digunakan oleh masyarakat sasaran untuk promosi bisnis onlinenya. Setelah itu menyepakati media sosial atau situf online yang akan digunakan untuk mempromosikan produk tersebut. Berdasarkan hasil jawaban dari masyarakat sasaran yang lebih banyak memilih media sosial instagram dan facebook untuk menjalankan binis online mereka. Sebelum memulai ke tahap masyarakat sasaran dapat menentukan nama untuk akun bisnis online yang akan mereka jalankan. Adapun nama-nama dari akun bisnis online yang akan digunakan oleh masyarakat sasaran yaitu:
- Masyarakat Sasaran Ibu Nopi: nama untuk akun bisnis onlinenya yaitu Traca_hm yang memiliki singkatan yaitu TRAdisional CAke Home Made atau kue tradisional.
- Masyarakat sasaran Ibu Liana: nama untuk akun bisnis onlinenya yaitu Bimblee.id yang menjual pakaian-pakaian buatan sendiri.
- Masyarakat sasaran Bapak Wayan: nama untuk akun bisnis onlinenya yaitu Food.chiken yang menjual makanan ayam suwir.
- Masyarakat sasaran Ibu Watik: nama untuk akun bisnis onlinenya yaitu Nyemil.klepon yang menjual cemilan klepon asli gula bali.
- Masyarakat Sasaran Ibu Manik: nama untuk akun bisnis onlinenya yaitu Ayam_kecapedas dimana memiliki nama simple dan menjual makanan ayam kecap pedas manis.
Nama untuk bisnis online yang dibuat oleh masyarakat sasaran sangat menarik, karena dari nama yang menarik merupakan salah satu strategi untuk menarik perhatian pembeli. Dan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui media sosial yang akan digunakan untuk promosi selanjutnya serta menentukan nama untuk akun bisnis onlinenya sebelum memulai ke tahap pendampingan untuk membuat akun bisnis online sendiri. Selama kegiatan berdiskusi berjalan dengan lancar dan masyarakat sasaran sangat bersemangat karena sudah mulai memasuki tahap promosi sekaligus pelatihan serta pendampingan dalam mempromosikan produk. Kegiatan ditutup dengan memberitahukan kepada masyarakat sasaran untuk kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan pada keesokan harinya dengan memberikan materi mengenai tips melakukan promosi dengan menggunakan media sosial. Sekian kegiatan KKNbD pada hari ini, Terimakasih.