Membagikan Informasi/Materi dan diskusi bersama masyarakat sasaran tentang Inovasi Produk, Diversifikasi Produk dan Pemasaran melalui Marketplace Facebook.

Setelah menyusun kembali materi yang telah di dapat dan dikumpulkan, saatnya membagikan materi kepada masyarakat. Pembagian materi pertama tentang Inovasi Produk berjalan dengan lancar, masyarakat terlihat sangat antusias dalam menerima materi tersebut. Terdapat 2 pertanyaan dari masyarakat, pertama bagaimana pelaksanaan dan penerapan dilapangan agar apa yang ingin dicapai mendapatkan hasil yang maksimal ?, kedua apakah di masa pandemi inovasi produk dapat terealisasikan untuk mengembangkan produk ? . Setelah menjawab pertanyaan tersebut, saya bertanya kepada masyarakat apakah jawaban saya dapat diterima? Masyarakat sangat senang dengan jawaban tersebut.

Selanjtunya tanggal 22 Juli 2021 materi tentang diversfikiasi produk dibagikan, diversifikasi produk merupakan usaha yang dilakukan untuk penganekaragaman produk atau jasa dengan cara menciptakan produk baru. Dalam hal ini saya memperkenalkan produk bandrek kepada masyarakat. Selain harganya yang terjangkau, bandrek sangat cocok di area dingin seperti Desa Wanagiri. Dalam pemberian materi tersebut, tidak dilakukan diskusi karena masyarakat tidak ada yang bertanya dan dirasa materi yang sudah diberikan diterima oleh masyarakat.

Pemberian materi yang ketiga adalah tentang pemasaran melalui marketplace Facebook, kegiatan ketiga ini berlangsung dengan baik, masyarakat tidak memberikan pertanyaan dan dianggap sudah mengerti.

Berikut adalah link google drive yang berisi foto kegiatan membagikan materi dan link youtube video presentasi tentang inovasi produk, Cara membuat Produk Bandrek, serta video pemasaran melalui marketplace Facebook yang saya gunakan dalam kegiatan diatas :

Link presentasi Inovasi Produk

Link youtube Cara membuat bandrek sebagai contoh diversifikasi produk

Link video youtube pemasaran produk melalui marketplace facebook

Link Google drive berisi foto tentang membagikan materi kepada masyarakat


Tentang Penulis
Theresia Angele Paais