Membagikan Link Google Form sebagai Bahan Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja KKNbD terhadap Masyarakat Sasaran

        Jumat, 30 Juli 2021 dilakukan kegiatan evaluasi dengan masyarakat sasaran Desa Penyaringan. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan Google Form sehingga diperoleh link yang dapat diakses masyarakat sasaran untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan. Pelaksanaan evaluasi pada pukul 11 : 00 hingga 13 : 00, jadi diberikan waktu untuk masyarakat sasaran selama dua jam untuk mengisi Google Form. Pemilihan waktu ini tentunya sudah menjadi hasil kesepakatan bersama dengan masyarakat sasaran. Kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan program selama satu bulan. Selain itu, tujuan lainnya dilakukan evaluasi dengan Google Form adalah untuk mengetahui tanggapan dari masyarakat mengenai pelaksanaan program kerja selama satu bulan. Apakah program kerja yang dijalankan dapat membantu dalam meningkatkan penjualan produk atau tidak, apakah pemasaran online juga dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian atau tidak. Selain itu, dengan pembagian kuisioner melalui Google Form juga dapat menjadi bahan evaluasi bagi mahasiswa mengenai pelaksanaan progar kerja. 

        Dalam Google Form, terdapat 9 (sembilan) pertanyaan yang terlebih dahulu diwajibkan untuk mengisi nama sebelum menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil jawaban yang dikirimkan oleh kelima masyarakat sasaran, dimana 100% masyarakat sasaran menjawab bahwa kegiatan ini membantu dalam memahami pemasaran online. Selain itu, masyarakat juga menjawab “Sudah” untuk pertanyaan terkait pengetahuan tentang cara memasarkan produk secara online. Kemudian dari kelima aplikasi untuk memasarkan secara online, masyarakat sasaran sebanyak 3 (tiga) orang memilih aplikasi WhatsApp, 1 (satu) orang memilih Instagram, dan 1 (satu) orang memilih Facebook. Dalam evaluasi ini juga diketahui bahwa 100% masyarakat sasaran mengakui dengan promosi online produk lebih cepat terjual dan mengalami peningkatan penjualan produk. Oleh karena itu, kelimanya mengakui pula bahwa pemasaran online dapat meningkatkan perekonomian di masa pandemi Covid-19 khususnya bagi pelaku UMKM. Adapun tingkat pengaruh pemasaran online menurut masyarakat sasaran berada di angka 3, 4, dan 5. Artinya pemasaran online terbukti berpengaruh untuk meningkatkan penjualan produk. 

        Pada akhir kegiatan evaluasi mahasiswa mengucapkan terima kasih pada masyarakat sasaran karena telah mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan KKNbD selama satu bulan ini. Selain itu, disampaikan bahwa kegiatan KKNbD juga sudah berakhir dengan berakhirnya tahap evaluasi. Diharapkan terdapat pembelajaran dan pengetahuan baru pada masyarakat sasaran khususnya mengenai pemasaran online. Dengan begitu maka tujuan awal program yaitu untuk meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan perekonomian di tengah masa pandemi Covid-19 dapat tercapai. 

Berikut link evaluasi melalui Google Form : 

https://forms.gle/kQxtYxcLKsJ3kSfL6  

Berikut link screenshot hasil dokumentasi secara lengkap : 

https://drive.google.com/drive/folders/11EQC_MAL1Y1wO7xNTdFZbTFEOsmCbq93?usp=sharing 




Tentang Penulis