Memberikan edukasi mengenai pentingnya penerapan PHBS di masa pandemi Covid-19 dan dalam memasuki new normal

Penyebaran Virus Covid-19 sangatlah cepat. Dimana virus ini bisa menyerang siapa saja baik anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Sampai saat ini vaksin untuk menangkal virus Corona belum ditemukan, oleh karena itu hal yang paling efektif yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona adalah dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS).

Pentingnya PHBS untuk antisipasi penyebaran virus Covid-19  perlu ditekankan sejak dini yaitu khususnya pada anak-anak. Dimana anak-anak sangat rentan terkena virus, namun disisi lain mereka belum bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-harinya.

Untuk itu, mahasiswa telah memberikan edukasi kepada anak-anak (masyarakat sasaran) mengenai pentingnya penerapan Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) di dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah penularan Covid-19 di masa pandemi ini dan saat memasuki new normal.

Masyarakat sasaran diharapkan bisa mengetahui pentingnya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seperti:

1. Makan makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi khususnya sumber vitamin C dan vitamin E dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

2. Olahraga dengan teratur

Olah raga teratur dapat menangkal masuknya virus pada tubuh. Olah raga tidak harus diluar rumah. Dalam kondisi pandemic, olah raga bisa juga dilakukan di rumah.

3. Sering mencuci tangan

            Cuci tangan dengan sabun pada air mengalir menjadi faktor yang sangat penting untuk membunuh virus yang menempel di tangan. Mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik perlu dibudayakan agar kita tidak tertulari dan tidak menulari. Mencuci tangan dengan hand sanitizer menjadi alternatif kedua jika tidak tersedia tempat cuci tangan dengan sabun. Kandungan alkohol dalam hand sanitizer menurut WHO minimal 60 %. Sangat dianjurkan jika setiap kali kita keluar rumah selalu membawa hand sanitizer pada tas atau saku.

4. Hindari menyentuh wajah

Hindari kebiasaan menyentuh area segitiga wajah, yaitu mata, hidung dan mulut , karena melalui pintu inilah virus corona masuk pada tubuh manusia.

5. Memakai masker

Virus corona dapat menular melalui droplet, yaitu cairan yang keluar bersamaan ketika batuk, bersin atau percikan air liur ketika berbicara. Oleh sebab itu menggunakan masker dapat melindungi orang lain yang mungkin kita tulari atau mengcegah menularan dari orang lain pada kita. Banyak yang salah ketika menggunakan masker, misalnya membuka masker ketika bicara.

6. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas kurang lebih 7-8 jam dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hindari begadang malam.

7. Memperhatikan etika batuk dan bersin

Jangan menutup mulut dengan tangan ketika batuk atau bersin, tapi gunakan tissue, sapu tangan atau tutup mulut dengan menggunakan lipatan lengan.

8. Menjaga kebersihan lingkungan

Saat ini marak kegiatan desinfeksi baik yang digerakkan oleh lembaga maupun inisiatif masyarakat. Fasilitas umum seperti bandara, pasar, stasiun, terminal dan lainnya perlu dilakukan disinfeksi secara rutin. Untuk rumah, cukup dengan mengepel lantai dua kali sehari. Membersihkan peralatan yang sering disentuh tangan dengan desinfektan, seperti gagang pintu, gagang kulkas, pegangan tangga, hand phone, meja, kursi dan lain-lain.

 

            Dengan diberikannya edukasi ini, diharapkan masyarakat sasaran dapat menyadari betapa pentingnya penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari di masa pandemi ini dan dan dalam tatanan new normal

Tentang Penulis
Anak Agung Istri Tresna Widya Sari