Memberikan ide barang atau menu yang layak dijadikan sebagai usaha, pengetahuan dan penjelasan bagaimana tips dalam berwirausaha, serta tutorial video pembuatan produk inovasi

Tanggal 17 Juli 2021 kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan ide barang atau menu yang layak dijadikan sebagai usaha. Dalam pertemuan ini, saya memberikan materi ide barang atau menu dalam format word kepada masyarakat sasaran agar mudah dipahami dan mudah untuk dimengerti. Dalam materi tersebut ada beberapa ide barang atau menu yang layak dijadikan sebagai usaha yang berupa makanan kering yang dikemas rapi dan bisa bertahan kurang lebih 1 mingguan, adapun ide barang atau menu yang layak dijadikan sebagai usaha salah satunya yaitu seblak kerupuk daun jeruk yang bahan utama pembuatannya yaitu Kerupuk yang dicampur dengan daun jeruk dan bawang putih kemudian dibumbui dengan bumbu balado dan bon cabai. Ide menu ini dibilang mudah untuk dibuat dan dipasarkan oleh masyarakat sasaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan adanya ide menu ini bisa dipraktekkan oleh masyarakat sasaran dan nantinya bisa dijadikan sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Tanggal 19 Juli 2021 kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan pengetahuan dan penjelasan bagaimana tips dalam berwirausaha. Dalam pertemuan ini saya memberikan materi yang pertama dalam format word yang berisi tentang beberapa tips dalam berwirausaha, yang dimana masyarakat sasaran bisa memahami dan memanfaatkan materi yang sudah diberikan dengan mempelajari bagaimana tips dan trik dalam berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti menggunakan sosial media tempat menjual barang antara lain menggunakan media sosial Facebook, Instagram, WhatsApp, dan media sosial lainnya. Kedua materi yang diberikan dalam format ppt yang dimana materi tersebut berisi tentang sikap dan kepribadian wirausaha, keberhasilan dan kegagalan wirausaha, serta penyebab utama gagal dan suksesnya seorang wirausaha atau pemimpin. Materi yang sudah diberikan ini agar masyarakat sasaran mengerti dan memahami apa yang disampaikan.


Tanggal 26 Juli 2021 kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan tutorial video pembuatan produk inovasi berupa link YouTube pembuatan produk seblak Kerupuk Daun Jeruk. Melakukan diskusi bersama masyarakat sasaran terkait dengan video yang sudah di share di grup WhatsApp, video pembuatan produk inovasi tersebut bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sasaran yang nantinya bisa dijadikan sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.