Memberikan pelatihan dan pendampingan terkait penggunaan aplikasi facebook dan memberikan tips dan trik berjualan online melalui meet menggunakan Google Meet sebagai perantaranya .
- Oleh Vina Velina
- Sunday 18/07/2021
- Kelompok 231, Kelompok, Kelompok
Pada hari ini, Minggu 18 Juli 2021, telah berlangsung kegiatan KKNbD yang diikuti oleh masyarakat sasaran yaitu masayarakat pemilik UMKM di Kelurahan Kampung Baru. Dimana pada kegiatan kali ini dilakukan dengan mengadakan pertemuan online melalui Google Meet sebagai perantaranya. Kegiatan kali ini dimulai pada pukul 18.00 Wita sampai dengan pukul 20.00 wita. Pada pertemuan kali ini, saya memberikan dua materi pelatihan, yaitu mengenai penggunaan media sosial Facebook dan juga memeberikan Tips dan juga Trik dalam berjualan Online. Salah satu masyarakat sasaran. yaitu Ibu Tini pada keempatan kali ini belum dapat mengikuti kegiatan sebagaimana mestinya, hal tersebut dikarenakan Ibu Tini sedang melaksanakan kegiatan ucapara agama (Ngaben) di desanya.
Seperti biasanya, kegiatan ini saya buka dengan menanyakan bagaimana kabar dari masyarakat sasaran. Setelah itu, saya memberikan materi pertama yaitu terkait media sosial Facebook sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk dapat berjualan online. Dari penjelasan yang telah diberikan, masyarakat sasaran tidak terdapat masalah atau kendala yang ditemui terhadap penggunaan Facebook. Hal ini dikarenakan semua dari mereka merupakan pengguna Facebook. Namun terdapat satu pertanyaan yaitu dari Ibu Indah mengenai perbedaan antara Facebook biasa dan juga Facebook Bisnis. Dari pertanyaan tersebut, saya menjelaskan bahwasanya Facebook biasa dan juga Facebook Bisnis tersebut memiliki beberapa perbedaan salah satunya yaitu Facebook biasa digunakan untuk berkomunikasi seperti biasanya diantaranya yaitu mengupdate status, menyukai status teman, mengirim pesan, menambah teman dan masih banyak lagi. Facebook biasa mempunyai pertemanan yang terbatas. Hanya 5000 teman saja yang bisa melakukan pertemanan. Sehingga facebook ini tidak cocok digunakan untuk berbisnis. Sedangkan Facebook bisnis tidak memiliki batas dalam jumlah pertemanan. Jadi Anda dapat melakukan pertemanan sebanyak – banyaknya. Selain itu, facebook bisnis juga memiliki berbagai macam kegunaan seperti, Anda dapat membuat, menambahkan, dan mengelola tidak hanya satu Ads Manager dalam bisnis. Dengan membuat halaman fan page untuk mempromosikan bisnis Anda. Masyarakat sasaran lainnya, juga baru mengetahui hal tersebut, karena kebanyakan dari mereka pada saat ini menggunakan Facebook biasa.
Pemberian materipun dilanjutkan dengan materi kedua yaitu mengenai tips dan trik berjualan online. Pada kesempatan kali ini, terdapat sebuah meteri yang membingukan yaiitu mengenai copywriting. Pada matei ini saya menjelaskan salah satu tips dan trik berjualan online adalah membuat deskripsi produk yang unik dan menarik, salah satunya yaitu dengan melakukan copywriting.Pak Gede yang bingung akan hal tersebut lalu menanyakannya. Disini saya menjelaskan secara singkat bahwasanya Copywriting adalah suatu metode pembuatan materi pemasaran yang mampu membujuk audiens di dalamnya guna melakukan berbagai tindakan yang memang Anda inginkan, seperti membeli suatu produk ataupun layanan, berlangganan newsletter, menghubungi sales penjelasan, dll. Salah satu contoh dari copywriting tersebut seperti "Tetap Kenyang 24 Jam Bersama Bakso PakDe Bahkan Jika Kamu Lapar Tengah Malam".
Setelah melakukan pertemuan online dengan masyarakat sasaran, terdapat masyarakat sasaran yang belum mengetahui beberapa hal terkait Facebook. Dengan memberikan penjelasan terkait hal yang masih membingungkan kepada masayarakat sasaran, hal tersebut menjadikan masyarakat lebih memahami terkait penggunaan Fcaebook sebagai salah satu media yang digunakan untuk berjualan online dan juga terdapat beberapa tips dan trik yang dapat diikuti untuk membuat barang yang dijualnya lebih menarik dan dapat menarik minat pembeli.
Seperti biasanya, kegiatan ini saya buka dengan menanyakan bagaimana kabar dari masyarakat sasaran. Setelah itu, saya memberikan materi pertama yaitu terkait media sosial Facebook sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk dapat berjualan online. Dari penjelasan yang telah diberikan, masyarakat sasaran tidak terdapat masalah atau kendala yang ditemui terhadap penggunaan Facebook. Hal ini dikarenakan semua dari mereka merupakan pengguna Facebook. Namun terdapat satu pertanyaan yaitu dari Ibu Indah mengenai perbedaan antara Facebook biasa dan juga Facebook Bisnis. Dari pertanyaan tersebut, saya menjelaskan bahwasanya Facebook biasa dan juga Facebook Bisnis tersebut memiliki beberapa perbedaan salah satunya yaitu Facebook biasa digunakan untuk berkomunikasi seperti biasanya diantaranya yaitu mengupdate status, menyukai status teman, mengirim pesan, menambah teman dan masih banyak lagi. Facebook biasa mempunyai pertemanan yang terbatas. Hanya 5000 teman saja yang bisa melakukan pertemanan. Sehingga facebook ini tidak cocok digunakan untuk berbisnis. Sedangkan Facebook bisnis tidak memiliki batas dalam jumlah pertemanan. Jadi Anda dapat melakukan pertemanan sebanyak – banyaknya. Selain itu, facebook bisnis juga memiliki berbagai macam kegunaan seperti, Anda dapat membuat, menambahkan, dan mengelola tidak hanya satu Ads Manager dalam bisnis. Dengan membuat halaman fan page untuk mempromosikan bisnis Anda. Masyarakat sasaran lainnya, juga baru mengetahui hal tersebut, karena kebanyakan dari mereka pada saat ini menggunakan Facebook biasa.
Pemberian materipun dilanjutkan dengan materi kedua yaitu mengenai tips dan trik berjualan online. Pada kesempatan kali ini, terdapat sebuah meteri yang membingukan yaiitu mengenai copywriting. Pada matei ini saya menjelaskan salah satu tips dan trik berjualan online adalah membuat deskripsi produk yang unik dan menarik, salah satunya yaitu dengan melakukan copywriting.Pak Gede yang bingung akan hal tersebut lalu menanyakannya. Disini saya menjelaskan secara singkat bahwasanya Copywriting adalah suatu metode pembuatan materi pemasaran yang mampu membujuk audiens di dalamnya guna melakukan berbagai tindakan yang memang Anda inginkan, seperti membeli suatu produk ataupun layanan, berlangganan newsletter, menghubungi sales penjelasan, dll. Salah satu contoh dari copywriting tersebut seperti "Tetap Kenyang 24 Jam Bersama Bakso PakDe Bahkan Jika Kamu Lapar Tengah Malam".
Setelah melakukan pertemuan online dengan masyarakat sasaran, terdapat masyarakat sasaran yang belum mengetahui beberapa hal terkait Facebook. Dengan memberikan penjelasan terkait hal yang masih membingungkan kepada masayarakat sasaran, hal tersebut menjadikan masyarakat lebih memahami terkait penggunaan Fcaebook sebagai salah satu media yang digunakan untuk berjualan online dan juga terdapat beberapa tips dan trik yang dapat diikuti untuk membuat barang yang dijualnya lebih menarik dan dapat menarik minat pembeli.