Memberikan Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Kepada Masyarakat Sasaran Desa Baluk Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana

Pada hari Sabtu 24 Juli 2021 pada pukul 13.00 sampai dengan 15.30 WITA telah dilaksanakannya kegiatan pemberian pelatihan pembuatan Minuman Sehat kepada masyarakat sasaran Saya STT Desa Baluk. Pelatihan disampaikan melalui WhatsApp Group berupa Video Tutorial Cara Membuat Jamu Kunyit Asam.

Dengan pemberian pelatihan pembuatan minuman sehat kepada masyarakat sasaran tujuannya agar masyarakat sasaran mendapatkan tambahan pengetahuan tentang bagaimana cara mengolah tanaman herbal menjadi minuman sehat, salah satunya Jamu Kunyit Asam, sehingga masyarakat bisa membuat minuman sehat sendiri dirumah.

Kemudian pada keesokan harinya yaitu pada tanggal 25 Juli 2021 dilaksanakan kegiatan pembagian bahan-bahan  jamu kunyit asam kepada 6 masyarakat sasaran. Terlebih dahulu Saya menyiapkan bahan-bahan yang hendak dibagikan kepada masyarakat sasaran. Bahan-bahan tersebut meliputi kunyit, gula merah dan asam jawa yang akan digunakan untuk praktik membuat Jamu Kunyit Asam. Untuk sistem pembagiannya Saya mendatangi satu per satu rumah masyarakat sasaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker. Pembagian bahan-bahan Jamu kunyit asam dengan mendatangi satu per satu rumah masyarakat sasaran tersebut sudah melalui persetujuan dari masing-masing masyarakat. Dari mulai menyiapkan bahan-bahan yang akan dibagikan sampai dengan kegiatan pembagian bahan-bahan Jamu Kunyit Asam kepada masing-masing masyarakat sasaran dilakukan selama kurang lebih 5 Jam, mulai dari pukul 07.00 - 12.00 wita.


Berikut Link Video Tutorial Cara Membuat Jamu Kunyit Asam: 

https://drive.google.com/folderview?id=1-1ezzjfKL-LYnlbeLS4cu6FE4CB8i4BY 



Tentang Penulis
Gst Ag Ayu Pt Ratna Widiantari