Memberikan Pembelajaran Matematika Kepada Siswa SD di Desa Nyitdah Dengan Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan
- Oleh Ni Komang Diva Treesyayanthi Wahada
- Thursday 22/07/2021
- Kelompok 184, Kelompok, Kelompok
Pada
hari Kamis, 22 Juli 2021 Saya memberikan pembelajaran kepada 5 orang siswa SD
di Desa Nyitdah yang terdampak pandemi Covid-19. Para siswa SD tersebut
melaksanakan pembelajaran secara daring sehingga kegiatan belajar mengajar
dilakukan di rumah masing-masing siswa. Program saya hari ini yaitu memberikan
penjelasan mata pelajaran matematika tentang materi operasi penjumlahan,
pengurangan, dan perkalian. Saya menjelaskan operasi penjumlahan, pengurangan,
dan perkalian kepada 5 orang anak yang menjadi masyarakat sasaran. Kegiatan
belajar mengajar saya lakukan di rumah salah satu orang siswa yang saya ajarkan
di Desa Nyitdah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan belajar
ini bertujuan untuk membatu para siswa memahami mata pelajaran matematika yang
mereka anggap paling sulit. Apalagi pada situasi pandemi covid-19 saat ini
menyebabkan terhambatnya proses belajar mengajar di sekolah yang mengakibatkan
guru tidak dapat menjelaskan pelajaran secara langsung kepada para siswa. Guru
SD di Desa Nyitdah hanya memberikan tugas-tugas kepada siswanya namun tidak
memberikan penjelasan materi kepada siswa. Saya sebagai seorang mahasiswa ingin
membantu masyarakat dengan cara memberikan penjelasan pelajaran matematika yang
mereka anggap sebagai pelajaran yang paling sulit.
Pukul 08.00 Wita
saya mulai membuka pelajaran dengan berdoa terlebih dahulu, kemudian saya
langsung memberikan penjelasan dasar tentang operasi penjumlahan, pengurangan,
dan perkalian kepada siswa. Saya menjelaskan materi dari awal karena masih ada
siswa yang belum paham mengenai operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian
yang benar. Ternyata sejak pembelajaran daring ditetapkan banyak para siswa
yang tidak memahami materi dasar, hal ini dikarenakan para guru hanya
memberikan tugas dan tidak memberikan penjelasan materi kepada para siswa.
Sehingga saya mengajarkan para siswa tersebut agar memahami bagaimana operasi
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian yang benar. Kemudian setelah memberikan
materi saya memberikan waktu istirahat kepada para siswa untuk makan siang.
Setelah selesai istirahat kegiatan dilanjutkan dengan latihan soal yang saya
berikan kepada para siswa. Latihan soal ini bertujuan untuk mengukur seberapa
jauh pemahaman siswa tentang operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
Setelah selesai mengerjakan soal, saya menilai pekerjaan siswa tersebut.
Ternyata setelah dijelaskan materi secara langsung, para siswa dapat
menyelesaian soal operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian dengan baik
dan benar. Kegiatan belajar mengajar saya tutup pukul 14.00 Wita. Saya harap
kegiatan mengajar yang saya laksanakan di hari pertama ini dapat bermanfaat
bagi 5 orang siswa SD tersebut. Sekian kegiatan yang telah saya lakukan hari
ini. Mohon maaf apabila ada keslahan kata. Terima Kasih.