Memberikan Pembelajaran Matematika Kepada Siswa SD di Desa Nyitdah Dengan Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan

        Pada hari Kamis, 22 Juli 2021 Saya memberikan pembelajaran kepada 5 orang siswa SD di Desa Nyitdah yang terdampak pandemi Covid-19. Para siswa SD tersebut melaksanakan pembelajaran secara daring sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah masing-masing siswa. Program saya hari ini yaitu memberikan penjelasan mata pelajaran matematika tentang materi operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Saya menjelaskan operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian kepada 5 orang anak yang menjadi masyarakat sasaran. Kegiatan belajar mengajar saya lakukan di rumah salah satu orang siswa yang saya ajarkan di Desa Nyitdah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan belajar ini bertujuan untuk membatu para siswa memahami mata pelajaran matematika yang mereka anggap paling sulit. Apalagi pada situasi pandemi covid-19 saat ini menyebabkan terhambatnya proses belajar mengajar di sekolah yang mengakibatkan guru tidak dapat menjelaskan pelajaran secara langsung kepada para siswa. Guru SD di Desa Nyitdah hanya memberikan tugas-tugas kepada siswanya namun tidak memberikan penjelasan materi kepada siswa. Saya sebagai seorang mahasiswa ingin membantu masyarakat dengan cara memberikan penjelasan pelajaran matematika yang mereka anggap sebagai pelajaran yang paling sulit.

        Pukul 08.00 Wita saya mulai membuka pelajaran dengan berdoa terlebih dahulu, kemudian saya langsung memberikan penjelasan dasar tentang operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian kepada siswa. Saya menjelaskan materi dari awal karena masih ada siswa yang belum paham mengenai operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian yang benar. Ternyata sejak pembelajaran daring ditetapkan banyak para siswa yang tidak memahami materi dasar, hal ini dikarenakan para guru hanya memberikan tugas dan tidak memberikan penjelasan materi kepada para siswa. Sehingga saya mengajarkan para siswa tersebut agar memahami bagaimana operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian yang benar. Kemudian setelah memberikan materi saya memberikan waktu istirahat kepada para siswa untuk makan siang. Setelah selesai istirahat kegiatan dilanjutkan dengan latihan soal yang saya berikan kepada para siswa. Latihan soal ini bertujuan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman siswa tentang operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Setelah selesai mengerjakan soal, saya menilai pekerjaan siswa tersebut. Ternyata setelah dijelaskan materi secara langsung, para siswa dapat menyelesaian soal operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian dengan baik dan benar. Kegiatan belajar mengajar saya tutup pukul 14.00 Wita. Saya harap kegiatan mengajar yang saya laksanakan di hari pertama ini dapat bermanfaat bagi 5 orang siswa SD tersebut. Sekian kegiatan yang telah saya lakukan hari ini. Mohon maaf apabila ada keslahan kata. Terima Kasih.

Tentang Penulis