Memberikan Pembelajaran sesuai dengan Kebutuhan siswa di masa Pandemi

Di masa pandemi ini, anak-anak memang cenderung kesulitan dalam belajar. Pada pelaksanaan KKNbD, saya berorientasi kepada kelebihan dan kekurangan siswa untuk mengatasi kesulitan yang siswa hadapi.

Setelah memahami karakter siswa di pertemuan pertama, saya menyusun beberapa modul singkat untuk membantu pembelajaran siswa. Saya menyiapkan berbagai media untuk memberikan suasana menyenangkan dalam pembelajaran.

Untuk siswa SD, saya menyiapkan lembar kerja berwarna, berbagai kertas angka origami dan kartu baca. Sedangkan untuk siswa SMP dan SMA, saya prioritaskan mereka kepada Games untuk melatih kepercayaan diri mereka dalam belajar Bahasa Inggris.

Lembar kerja siswa sebagian besar saya ambil dari sumber yang sudah tersedia. Hal ini saya gunakan juga sebagai penyuluhan terhadap orang tua siswa bahwa terdapat banyak pembelajaran yang dapat kita ambil dari sumber yang ada, kemudian kita berikan kepada anak-anak untuk membantu proses belajar di rumah.

Lembar kerja ini tidak hanya saya berikan saat sedang memberikan Bimbingan Belajar, tetapi saya juga memberikan lembar kerja sebagai PR anak-anak di rumah. Saya meminta orang tua untuk ikut membantu kegiatan pembelajaran anak di rumah dan mendampingi anak saat mengerjakan lembar kerja yang telah saya berikan.

Hal ini sekaligus memberikan contoh bagi para orang tua untuk berorientasi kepada kemampuan dan kebutuhan siswa. Kita sudah hidup di jaman yang mudah, sehingga ada banyak hal yang dapat kita cari dari internet untuk membantu pembelajaran anak anak sesuai dengan apa yang mereka sukai dan yang mereka butuhkan.

Berikut adalah Link Video kompilasi kegiatan siswa sesuai dengan kebutuhan masing-masing https://drive.google.com/file/d/1zr3Cuj1XM9cTRITGReQvSogAVOfTadCs/view?usp=drivesdk


Tentang Penulis