Memberikan Sosialisasi Kepada Masyarakat Sasaran Mengenai Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Bantuan Jasa Pengiriman Barang

    Pada hari Minggu, 25 Juli 2021 merupakan pertemuan keempat saya dengan masyarakat sasaran yaitu para ibu-ibu penjahit lamak di Desa Sarimekar. Agenda yang dilakukan pada pertemuan tersebut adalah “Pemberian Sosialisasi Kepada Masyarakat Sasaran Mengenai Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Bantuan Jasa Pengiriman Barang.” Strategi pemasaran dengan menggunakan jasa pengiriman barang merupakan salah satu bentuk tindakan yang bisa dilakukan oleh para pebisnis termasuk bisnis usaha lamak di dalam melakukan proses pemasaran produk sampai ke tangan konsumen. Terlebih lagi di masa pandemi covid-19, pemasaran suatu produk atau jasa akan sangat susah dilakukan secara langsung karena banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa strategi pemasaran dalam bentuk promosi produk yang bisa dilakukan dimasa pandemi yaitu dengan melakukan promosi atau iklan melalui media sosial. Dan untuk proses pengiriman produk di masa pandemi dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan jasa pengiriman barang seperti J&T, JNE, dan sejenisnya. 

    Pelaksanaan sosialisasi dilakukan dari pukul 19.00–20.40 WITA secara daring atau online melalui grup Whatsapp. Pada pukul 19.00–19.38 WITA merupakan sesi pertama, dimana pada sesi tersebut saya memberikan sebuah video materi terkait strategi pemasaran bagian pemasaran dengan menggunakan bantuan jasa pengiriman barang yang kemudian dilanjutkan dengan menyimak dan mencermati video tersebut oleh masing-masing masyarakat sasaran. Setelah itu, selanjutnya dari pukul 19.39-20.40 merupakan sesi yang kedua yaitu sesi diskusi, dimana pada sesi ini saya memberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk memberikan pertanyaan jika memang seandainya dari mereka ada yang ditanyakan atau ada yang masih bingung. Pada saat itu terdapat dua orang masyarakat sasaran yang memberikan pertanyaan kepada saya, kemudian saya mencoba menjawab kedua pertanyaan tersebut.

    Pemberian materi atau sosialisasi kepada masyarakat sasaran mengenai strategi pemasaran dengan menggunakan bantuan jasa pengiriman barang ini seharusnya dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Juli 2021, namun karena pada hari tersebut banyak masyarakat sasaran yang memiliki kesibukan dikarenakan bertepatan juga dengan adanya hari raya Purnama, maka pertemuan dan pemberian materi atau sosialisasi tersebut dilaksanakan besoknya di hari Minggu berdasarkan pada kesepakatan bersama antara saya dengan masyarakat sasaran. Walaupun pelaksanaan sosialisasi tersebut diundur atau pindah hari ke hari Minggu, hal tersebut tidak mengurangi antusias masyarakat sasaran di dalam menyimak maupun mencermati materi yang saya berikan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pertemuan keempat di hari Minggu tersebut sudah berjalan dengan baik dan lancar.


Link video materi:

https://youtu.be/TWFlIOAFnA8








Tentang Penulis