Membimbing dan Mendampingi Siswa dalam Membaca Cerita Rakyat dan Fabel
- Oleh Ni Komang Rutjayanthi Mayami Duniangella
- Tuesday 03/08/2021
- Kelompok 151, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 18 Juli 2021, Saya melanjutkan kegiatan KKN di Desa Ababi tepatnya di SD Negeri 6 Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan siswa mampu lancar membaca dan memiliki minat untuk membaca. Tak hanya itu, banyak sekali manfaat yang ditimbulkan dari membaca cerita fiksi antara lain meningkatkan empati, meredakan rasa stress, meningkatkan kualitas hubungan, mengingat lebih banyak hal, memiliki pikiran yang terbuka, memiliki tabungan kosakata yang melimpah, menjadi sosok yang kreatif, dan kebahagiaan. Membaca cerita tak semata-mata untuk meningkatkan minat baca siswa namun memiliki banyak manfaat yang bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Pada kegiatan ini saya membimbing dan mendampingi siswa dalam membaca cerita yang bertemakan cerita rakyat dan cerita fabel. Pada kegiatan ini saya lebih memfokuskan membimbing siswa yang tidak lancar membaca dan membantu mereka membaca. Setelah itu saya meminta kepada seluruh masyarakat sasaran atau seluruh siswa untuk membaca cerita mereka silih berganti. Selama berlangsungnya kegiatan ini para siswa sangat antuasias dan bersemangat membaca cerita yang mereka dapatkan. Setelah membaca cerita saya meminta siswa menyampaikan pesan moral yang terkandung di masing-masing cerita. Saat menyampaikan pesan moral di setiap cerita siswa masih harus diberi bimbingan dan bantuan dalam menyampaikan pesan moral yang terkandung pada cerita. Sejauh ini kegiatan yang dilaksanakan sudah berjalan dengan baik. Jadi, dapat diambil kesimpulan untuk meningkatkan minat baca pada anak sekolah dasar harus diberikan sebuah teks yang menarik, tidak memaksa dan diberikan bimbingan yang terarah.