Membuat video serta memberikan video edukasi mengenai cara mengatur modal usaha mikro kepada masyarakat sasaran di Desa Tojan, Klungkung

Pada minggu keempat, dilaksanakan kegiatan berupa pembuatan video dan pemberian video kepada masyarakat sasaran.

Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 25-27 Juli 2021 adalah menyiapkan video edukasi mengenai cara mengatur modal usaha mikro untuk masyarakat sasaran. Kegiatan melibatkan saya sendiri selaku mahasiswa pelaksana projek KKNbD, yang diawali dengan mencari bahan materi untuk video edukasi. Setelah menemukan materi yang sesuai saya kemudian menyusun materi tersebut pada power point sehingga memudahkan saya dalam menyampaikan materi. Kemudian setelah materi selesai disusun, saya mulai melakukan take video melalui kamera hp, dan kemudian mengeditnya serta memposting video tersebut melalui media YouTube. Setelah terposting saya kemudian menyalin link tersebut agar bisa diberikan kepada masyarakat sasaran. Tujuan saya membuat video yaitu agar penyampaian materi cara mengatur modal usaha mikro dapat lebih mudah dipahami oleh masyarakat sasaran dan saya memposting video melalui YouTube agar mudah diakses oleh masyarakat sasaran dan dapat ditonton secara berulang, mengingat durasi video yang melebihi 5 menit.

Selanjutnya kegiatan yang dilakukan adalah memberikan video edukasi mengenai cara mengatur modal usaha mikro. Kegiatan edukasi dilaksanakan pada tanggal 28-31Juli 2021 melalui WhatsApp Group, yang diawali dengan mengirimkan video edukasi yang sebelumnya sudah saya buat. Setelah pengiriman video, masyarakat sasaran memahami video yang saya berikan dan mencoba mengatur pendapatan yang diperoleh selama satu minggu dengan membuat catatan keuangannya sehingga bisa dilakukan pengelolaan modal untuk penjualan berikutnya. Masyarakat sasaran sangat antusias mengikuti kegiatan ini terlihat dari masyarakat sasaran memberikan beberapa pertanyaan terkait materi dalam video yang saya berikan dan mengirimkan hasil pengelolaan modal yang dibuat oleh masing-masing masyarakat sasaran. Video tersebut diberikan dengan tujuan masyarakat sasaran dapat memahami cara memutar modal usaha kecil agar tetap jalan dan berkembang.

Untuk video edukasi cara mengatur modal usaha mikro berikut linknya :



Tentang Penulis