Memonitoring Perkembangan Masyarakat Sasaran

Memonitoring perkembangan masyarakat sasaran merupakan salah satu program kerja dari KKNbD yang saya lakukan, di mana proker ini dilakukan dengan pengisian kuesioner oleh masyarakat sasaran setelah pemberian materi sosialisasi. Maka dari itu, program kerja ini dilaksanakan di dua hari yang berbeda, yakni di hari Minggu, 18 Juli 2021 (untuk pengisian kuesioner materi pertama) dan di hari Minggu, 25 Juli 2021 (untuk pengisian kuesioner materi kedua dan ketiga). Untuk pengisian kuesioner materi pertama, dilaksanakan mulai dari pukul 19.30 - 22.00 WITA, sedangkan untuk pengisian kuesioner materi kedua dan ketiga, dilaksanakan mulai dari pukul 15.00 - 20.00 WITA. Ketiga kuesioner tersebut dilaksanakan secara online melalui grup WhatsApp sebagai media penyebaran kuesionernya dan Google Form sebagai media pengisian kuesionernya, dimana sehari (kuesioner materi pertama) dan dua hari (kuesioner materi kedua dan ketiga) sebelumnya sudah disiapkan kuesionernya mengenai ketiga materi tersebut. Pemberian kuesioner untuk diisi oleh masyarakat sasaran, baik itu mengenai materi pertama, kedua, ataupun ketiga itu bertujuan agar melihat bagaimana perkembangan mereka dalam mempelajarinya atau mungkin bahkan mengimplementasikannya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara memanfaatkan Google Form untuk melakukan pengisian kuesionernya, dimana sebelumnya sudah saya siapkan. Setelah semua masyarakat sasaran telah selesai mengisi kuesioner-kuesioner tersebut, maka dari hasil yang ada terlihat bahwa masyarakat sasaran memang benar-benar mempelajari materi-materi yang telah diberikan sebelumnya, bahkan ada yang sudah dan akan menerapkannya pada usaha/bisnis mereka masing-masing. Adapun hasil yang lebih lengkap dari ketiga kuesioner tersebut bisa diakses pada link berikut. 

Hasil Kuesioner Materi 1 Mengenai "Bagaimana Pentingnya Digital Marketing dalam Berbisnis

Hasil Kuesioner Materi 2 Mengenai "Cara Mempertahankan Stabilitas Suatu Bisnis di Masa Pandemi Covid-19"

Hasil Kuesioner Materi 3 Mengenai "Tips atau Strategi Dalam Bersaing untuk Memasarkan Produk atau Jasa dari Suatu Bisnis"

Tentang Penulis
I Dewa Putu Tri Arta Wasana